Teknologi ATCS, Dishubkominfo Kota Tangsel Gelontorkan Rp3,5 Miliar

oleh -
Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Sukanta. (one)
Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Sukanta. (one)
Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Sukanta. (one)

PalapaNews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) bakal menerapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) untuk mengatasi macet. Lantas, berapa anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan alat itu?

Kepala Dishubkominfo Kota Tangsel, Sukanta mengatakan pihaknya menganggarkan Rp3,5 miliar untuk pengadaan teknologi ATCS itu. Anggaran itu, dialokasikan bagi pengadaan alat dan pembangunan ruang kendali di kantor Dishubkominfo.

“Untuk ruang kendali ada di kantor Dishub. Sedangkan untuk monitor pemantauan dipasang juga di ruang Walikota dan ruang saya,” tandasnya.

Ia mengaku, teknologi ATCS ini sejalan dengan cita-cita Kota Tangsel menjadi smart city. “Sesuai arahan Bu Wali (Airin Rachmi Diany) dan memang sudah masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” tandasnya.

Sebelumnya, sistem yang diterapkan lewat ATCS itu, yakni pemantauan jarak jauh melalui ruang kendali di kantor Dishubkominfo Kota Tangsel. Di titik yang dipasangi ATCS itu, dilengkapi kamera closed circuit television (CCTv) yang memantau secara real time kondisi lalu lintas.

“Sebetulnya ini untuk mempercepat penanganan kemacetan. Jadi, ketika kondisi macet parah yang terpantau melalui ruang kendali, kita bisa langsung melakukan penanganan. Kamera CCTv pun bisa diputar 360 derajat, jadi terpantau semua di titik itu,” kata Kasi Rekayasa Lalu Lintas pada Dishubkominfo Kota Tangsel, Ika Kartika. (one)

Komentar Anda

comments