Puskesmas Pondok Jagung Jadi Percontohan se-Tangsel

oleh -

Puskesmas Pondok Jagung

PalapaNews- Puskesmas Pondok Jagung, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipilih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten sebagai salah satu puskesmas se-Tangsel yang ramah anak di dalam program Kesehatan Ibu Anak (KIA). Supervisi yang dilakukan ke Kabupaten/Kota ini bertujuan untuk menilai sudah sejauh mana pelaksanaan program yang sesuai dengan target untuk ibu dan anak.

“Disini kami menilai Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Puskesmas Pondok Jagung, apakah telah terlatih dan paham betul tentang program KIA atau belum. Selain itu juga kami menilai sarana dan prasarana yang ada,” ujar Nunung Nurhayati selaku Staff Seksi Kesehatan Keluarga Dinkes Provinsi Banten, Kamis (21/1/2016).

Seperti dengan pemahaman perawat yang belum terlatih agar dapat dipenuhi, kata Nunung. Menurutnya, Puskesmas Pondok Jagung telah mencukupi indikator tersebut, hanya saja kurang alur berupa informasi saat pendaftaran.

Dalam hal ini, Dinkes Tangsel akan menyebarluaskan ke Puskesmas lain agar bisa mengikuti jejak Puskesmas Pondok Jagung yang mewakili Tangsel dalam penilaian Provinsi.

“Dari program KIA di 26 puskesmas yang ada di Tangsel, hanya Puskesmas Pondok Jagung yang sudah menjalankan KIA yang ramah anak, dalam hal ini puskesmas yang melengkapi pelayanan dan pengobatan terhadap anak-anak. Salah satunya ruang tunggu dan bermain untuk anak,” papar Eni Rohaeni, Kepala Seksi Kesehatan Ibu dan Anak Dinkes Tangsel.(man)

Komentar Anda

comments