Komunitas Peduli Sampah Terus Tumbuh di Kota Tangerang

oleh -
Walikota Tangerang, usai meresmikan kelompok peduli sampah GEMPAR 03. (ist)
Walikota Tangerang, usai meresmikan kelompok peduli sampah GEMPAR 03. (ist)
Walikota Tangerang, usai meresmikan kelompok peduli sampah GEMPAR 03. (ist)

PalapaNews- Kelompok masyarakat yang mendirikan komunitas peduli sampah terus tumbuh di Kota Tangerang. Salah satunya, komunitas Gerakan Masyarakat Panunggangan Utara RW 3 (GEMPAR 03) yang diresmikan Sabtu (16/1/2016) kemarin.

Peresmian Komunitas GEMPAR 03 ini dilakukan langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah di Komplek Setneg, Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang.

“Tolong bantu pemerintah supaya bisa ngurangin sampah di wilayah kita masing – masing ya, pak,” kata Arief.

Hadirnya kelompok-kelompok peduli lingkungan di setiap wilayah Kota Tangerang, diakui Arief sangat membantu program pemerintah menanggulangi dan mengurangi debit sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Selain itu, hasil dari pengolahan sampah dapat diubah menjadi barang-barang bernilai ekonomis yang lebih tinggi.

“Sampah sudah bukan lagi menjadi hal yang harus dihindari, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkannya,” katanya.

Selain pengolahan sampah, Walikota juga menyampaikan untuk menjaga kondisi lingkungan tetap nyaman, terutama pada saat musim hujan, diharapkan agar masyarakat tetap membuat lubang-lubang biopori, sebagai resapan air untuk meminimalisir banjir atau genangan.

“Jangan pernah berhenti membuat biopori, kami juga tengah berupaya terus menanggulangi masalah (banjir) ini dengan mengembangkan tandon-tandon air,”  tandasnya.

Kehadiran Walikota beserta jajarannya rupanya mendapatkan apresiasi dari warga setempat yang mengucapkan banyak terimakasih atas sinergisitas dan komitmen yang telah ditunjukan jajaran Pemkot Tangerang.

“Terima kasih pak atas bantuan alat pengolahan sampahnya” tegas Tono, salah seorang penggagas terbentuknya GEMPAR 03. (nai)

Komentar Anda

comments