Pemkot Tangsel Jadikan Kopkar Al Azhar BSD Pilot Projet

Warman Syanudin, Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel. (one)
Warman Syanudin, Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel. (one)

PalapaNews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM menobatkan Koperasi Karyawan (Kopkar) Perguruan Al Azhar BSD sebagai koperasi sehat dan menjadikannya percontohan. Ini dilihat dari keuntungan koperasi yang mencapai Rp500 juta dalam satu tahun.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Warman Syanudin mengatakan di Kota Tangsel terdapat 500 koperasi. Namun, dari ratusan koperasi yang ada, baru Kopkar Perguruan Al Azhar BSD saja yang rutin melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Koperasi ini menaungi 333 pegawai (anggota). Pengurus juga mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan), tepat waktu, dan dengan laba bersih hampir setengah miliar rupiah. Maka itu kami jadikan koperasi ini sebagai percontohan,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel ditemui di Aula Al Azhar BSD, Senin (4/1).

Pemasukan tersebut, menurut Warman berasal dari unit simpan pinjam dan juga usaha yang dilakukan para anggotanya. Itu berarti, koperasi tersebut sukses dalam mencetak jiwa wirausaha setiap anggotanya.

“Jadi koperasi ini bisa terus berkembang. Bukan hanya untuk badan hukumnya sendiri, melainkan bagi ratusan anggotanya,” kata Warman.

Sementara, Ketua Koperasi Karyawan Perguruan Al Azhar BSD Agus Kusnaidi mengatakan, untuk tahun ini pihaknya mendapatkan laba bersih sebesar Rp493 juta. Dengan total aset dari tahun 1999 hingga 2015 sebesar Rp10,1 miliar.

“Jumlah tersebut meliputi jasa antar jemput, kita punya kendaraan pribadi sebanyak 3 unit dan 35 kendaraan lainnya milik kemitraan. Lalu kita juga kelola sebanyak 37 toko atau kantin, mesin fotocopy, dan simpan pinjam,” ujar Agus. Sehingga sangatlah wajar koperasinya berkembang hingga saat ini.

Semangat ekonomi kerakyatan ini juga bakal ditularkan ke anak didiknya. Terbukti saat ini, di unit SMP dan SMA sekolah elit tersebut, sudah diterapkan kantin kejujuran.

“Dan itu disupport oleh kami dari koperasi, labanya pun luar biasa. Ini menandakan siswa sangat antusias dengan jajan dengan cara berperilaku jujur,” katanya. (one)

Komentar Anda

comments