Koalisi Mahasiswa UIN Jakarta: Sosialisasi MEA Belum Maksimal

oleh -
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

PalapaNews- Pemerintah dinilai belum maksimal menyosialisasikan datangnya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kepada masyarakat. Ini dilihat dari belum tersentuhnya informasi itu bagi masyarakat yang tinggal di daerah pelosok.

Maka itu, mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa UIN (KMU) Jakarta meminta pemerintah mengeluarkan pengumuman langsung tentang datangnya era MEA itu secara masif kepada masyarakat .

“Pengumuman itu perlu dikeluarkan dalam bentuk pemberitahuan melalui kampanye-kampanye mobil keliling atau dalam bentuk surat edaran resmi,” kata salah seorang mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta juga Jenlap KMU Jakarta, Rizki Irwansyah (Kiki) di Ciputat, Sabtu (2/1/2016).

Menurutnya pengumuman tersebut berisi informasi seputar MEA untuk kesiapan masyarakat dalam menghadapi MEA. Dimana informasi tersebut berisikan bagaimana langkah atau bentuk kegiatan yang bisa dilakukan masyarakat dalam memasuki era ekonomi bebas regional tersebut.

“Pengumuman ini akan menjadi solusi atas kegagalan sosialisasi MEA yang dirasakan belum menyentuh masyarakat lapisan bawah atau yang tinggal di daerah pelosok bagian Indonesia,” tambahnya

Dengan adanya pengumuman langsung, diharapkan masyarakat akan mudah mengerti dan melakukan apa yang diperintahkan.

“Kami rasa bila pengumuman tersebut resmi, sekalipun masyarakat buta aksara masih dapat melakukan beberapa hal untuk menyambut MEA,” ujarnya

Mahasiswa UIN Jakarta lainnya, Muhammad Faqih juga berharap agar pengumuman MEA terpampang besar dalam sebuah baliho.

Ia menyarankan, Sosialisasi MEA dilakukan selayaknya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dengan begitu, ia meyakini upaya ini akan menggugah masyarakat untuk memahami lahirnya era kebebasan ekonomi di negara Asia Tenggara tersebut.

Baliho tersebut juga berisi informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang dapat dilakukan saat kedatangan MEA ataupun setelahnya.

“Hal ini akan memudahkan masyarakat cepat memahami MEA,” kata Presiden Koalisi Mahasiwa UIN (KMU) Jakarta ini. (one)

Komentar Anda

comments