Ada 500 Objek Wisata di Banten, Cuma 8 yang Berkembang

oleh -
Pantai, salah satu potensi kelautan di Banten. (bbs)
Petunjuk arah daerah wisata di Banten. (bbs)
Petunjuk arah objek wisata di Banten. (bbs)

PalapaNews- Provinsi Banten kaya akan objek wisata. Tak tanggung-tanggung, provinsi paling barat Pulau Jawa ini memiliki hampir 500 objek wisata yang tersebar. Sayangnya, dari 500-an objek wisata di provinsi yang dipimpin Gubernur Rano Karno ini baru ada delapan lokasi yang berkembang.

Berdasarkan catatan Bank Indonesia cabang Banten, delapan lokasi wisata itu antara lain, objek wisata Pantai Carita di Pandeglang, Budaya Suku Baduy di Kabupaten Lebak, Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak, hingga Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang.

“Kawasan pengembangan wisata yang bertumbuh dengan baik ialah wisata religi Banten Lama di Kota Serang, Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang, dan Pantai Sumur, Pulau Umang di Kabupaten Pandeglang,” kata Kepala BI Banten, Budiharto Setyawan.

Dari 500 lokasi wisata tersebut, sebanyak 185 merupakan wisata sejarah, 85 objek wisata pantai, dan 18 kawasan pengembangan wisata.

Sebetulnya, objek wisata yang kaya itu bisa dimanfaatkan Pemprov Banten untuk membangun perekonomian masyarakat agar lebih baik.

“Potensi memperbaiki perekonomian terutama terbuka pada momen libur panjang seperti saat ini. Sebab banyak masyarakat dari berbagai kota yang mencari tempat berlibur bersama keluarga dan Banten bisa menjadi salah satu pilihan,” kata dia. (one)

Komentar Anda

comments