Produk Industri Wajib Penuhi Standa Nasional Indonesia

oleh -
Walikota Tangsel saat meninjau warung IKM di Serpong. (dok)
Walikota Tangsel saat meninjau warung IKM di Serpong. (ist)
Walikota Tangsel saat meninjau warung IKM di Serpong. (ist)

PalapaNews- Produk industri kecil menengah (IKM) wajib memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Apalagi, SNI penting dalam kancah nasional hingga internasional.

“SNI itu penting. Ini agar para pelaku industri siap menghadapi persaingan bebas pasar ASEAN,” kata Kepala Sub Bidang Perumusan Standar, Pusat Standarisasi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Sutarto.

Terkadang, IKM belum memahami pentingnya SNI dalam satu produk. Padahal itu amat penting, hanya saja menurutnya belum diwajibkan setiap IKM memiliki SNI karena menerbitkan SNI harus memasuki kriteria tertentu.

“Kadang teman-teman di IKM tidak tahu, padahal ada kerjasama nasional dan regional sedangkan itu semua membutuhkan standarisasi,” tambahnya.

Menurutnya, saat ini IKM bidang makanan masih aman dan cukup dengan pengawasan Badan pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Namun bisa saja naik mendapatkan SNI asalkan produksinya besar dan mampu berstandar.

“Kami dalam menetapkan industri kecil, menengah dan besar jika sesui dengan standar. Baik bahan bakunya dan sistemnya serta perusahaanya mampu atau tidak jadi tidak dapat dipaksakan satu produk mendapatkan SNI,” tambahnya. (bud)

Komentar Anda

comments