Wujudkan Lingkungan Layak Anak

oleh -

Pemerinta Kota Tangerang Wujudkan Kota Layak Anak

Secara resmi Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin menutup pagelaran Festival Anak Kota Tangerang 2015. Festival yang dilakasanakan dari tanggal 20-22 November 2015 tersebut seolah menjadi bukti komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk melindungi para generasi penerus bangsa.

“Anak-anak sebagai aset terbesar bangsa harus bisa menjadi generasi luar biasa yang bisa menjadi tumpuan pembangunan di masa depan,” ujar Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin dalam sambutan sekaligus menutup Festival Anak Kota Tangerang, di Mall Balekota.

Wakil Walikota juga menyampaikan bahwa untuk menjadi generasi yang luar biasa, anak-anak Kota Tangerang telah diberikan berbagai fasilitas oleh Pemkot Tangerang, seperti penyediaan sarana pendidikan yang berkualitas. Bahkan dalam rangka menjadi Kota Layak Anak, Pemkot Tangerang juga memprogramkan pembangunan Rumah Aman Anak dan Rumah Cerdas.

Diinformasikan, keberadaan Rumah Aman Anak dan Rumah Cerdas juga diharapkan mampu menggali kreatifitas para generasi muda yang saat ini terbatasi dengan serbuan globalisasi dan kemajuan teknologi. Sekaligus diharapkan bisa meminimalisir dampak kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak.

Selain itu, pembangunan ruang-ruang publik yang diharapkan bisa menjadi taman bermain bagi anak-anak Kota Tangerang sekaligus sarana rekreasi keluarga.

Wakil Walikota juga menambahkan, dalam mewujudkan lingkungan yang layak anak, masyarakat dan penduduknya didorong untuk mengembangkan gaya hidup yang ramah terhadap anak (child friendly life style), sehingga anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan wajar. Hal ini juga merupakan langkah awal mewujudkan visi anak Indonesia yang sehat, tumbuh dan berkembang, cerdas ceria, berakhlak mulia, terlindungi, aktif berpartisipasi dan cinta pada bangsa dan negara Indonesia.

“Kita semua tentu setuju, bahwa anak-anak yang hidup pada saat ini adalah pemimpin-pemimpin di masa yang akan datang. Mereka yang juga akan memimpin kita, menggerakkan roda pembangunan dan menentukan arah bahtera bangsa ini. Oleh karena itu, jika kita menginginkan masa depan yang gemilang untuk bangsa ini, maka merupakan suatu hal yang mutlak bagi kita semua untuk mempersiapkan anak-anak generasi penerus ini dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Wakil Walikota juga mengharapkan, dengan adanya program Tangerang Cerdas yang menggratiskan pelayanan pendidikan di Kota Tangerang, bisa menumbuh kembangkan kreatifitas dan kemampuan anak-anak Kota Tangerang.

Selain itu, Wakil Walikota juga mengajak kepada para peserta festival yang didominasi anak-anak tersebut untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Karena dengan membudayakan budaya hidup bersih dan sehat harus dimulai sedini mungkin.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) Kota Tangerang, Rakhmansyah menyampaikan, antusiasme masyarakat terkait pelaksanaan Festival Anak 2015 sangat besar, terbukti dari 4000 peserta yang mengikuti karnaval dan juga banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam berbagai lomba yang diadakan, seperti lomba Permainan Tradisional, Festival Seni, Menghias Tong Sampah dan Pameran Kreatif dan Inovatif serta lomba Mars Kota Tangerang.

“Bahkan lomba menghias tong sampah diikuti oleh 2000 peserta.Ini bukti antusiasme masyarakat yang begitu tinggi,” imbuhnya.(*)

Komentar Anda

comments