Pemilih Pemula Diajak Aktif di Pilkada Tangsel

oleh -
Sosialisasi Pilkada Tangsel melalui kegiatan Car Free Day. (one)
Sosialisasi Pilkada Tangsel melalui kegiatan Car Free Day. (one)

PalapaNews- Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Ciputat bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar sosialisasi Pilkada bagi pemilih pemula, melalui wadah diskusi.

Dalam diskusi yang digelar di Ciputat itu, hadir Ketua KPU Tangsel Mohamad Subhan, Anggota Panwaslu Tangsel Muhammad Jazuli dan Dosen FISIP UIN Syarif Hidyatullah Jakarta Gevarina Djohan.

Sejumlah pelajar dan mahasiswa yang termasuk sebagai pemilih pemula, turut hadir dalam diskusi serta sosiaisasi tersebut.

“Dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) ada 12 ribu lebih pemilih pemula. Memang perlu sosioalisasi lebih masif untuk pemilih para pemilih pemula tersebut,” tandasnya.

Ia mengaku, kecendrungan saat ini pemilih pemula lebih cuek untuk aktif dalam pesta demokrasi lima tahun sekali ini.

“Ini tugas kita bersama-sama untuk menghajak dan mensosialisasi para pemuda yang masuk katagori pemilih pemula untuk aktif pada Pilkada ini. dan juga mereka hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Gevarina Djohan berpendapat, pemilih pemula tidak hanya sekadar menyosialiasikan, tetapi bagi pemilih pemula juga harus diberikan pendidikan politik.

“Jadi mereka tidak hanya sekadar tahu bahwa saat ini ada Pilkada, tetapi juga harus dioberikan pendidikan politik, bahwa betapa pentingannya memberikan sikap politik, dan juga mampu mempelajari calon pemimpin yang dipimpinnya,” tuturnya. (jok)

Komentar Anda

comments