Pemprov Bangun RSJ Banten pada 2017

oleh -
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)

PalapaNews- Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan berencana membangun gedung Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banten. Anggaran pembebasan lahan sudah direncanakan pada 2016 dan untuk fisiknya pada 2017.

“Sudah saatnya Banten memiliki RSJ sendiri. Ini agar kita bisa menangani penderita gangguan jiwa secara spesifik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Sigit Wardojo.

Selain belum ada RSJ, provinsi paling barat Pulau Jawa ini juga masih minim sumber daya manusia untuk menangani pasien kejiwaan, yakni dokter spesialis jiwa.

“Kami memang belum punya dokter jiwa. Kebutuhan dokter jiwa, itu nanti ada standarnya. Kita bertahap dulu, membangun gedungnya, sambil menyiapkan SDM-nya,” tuturnya.

Asisisten Daerah (Asda) III Pemprov Banten, Sumawijaya menambahkan Banten sudah semestinya punya RSJ untuk menampung dan mengobati para penderita gangguan jiwa.
“Wacana membangun Rumah Sakit Jiwa untuk pengadaan tanah ini sudah masuk dalam anggaraan 2016 dan pada 2017 rencananya akan dimulai pembagunannya,” kata dia.

Pemprov Banten, kata dia, terus mendorong agar dibangun RSJ. “Insya Allah melalui Dinkes, 2017 ini bisa terlaksana. Untuk tanah sudah disiapkan,” kata Sumawijaya. (bbs/one)

Komentar Anda

comments