140 Alumni Resimen Mahasiswa Ikuti Latgarnas WCDS Kedua

oleh -
Penutupan Latihan Penyegaran Nasional di Bumi Marinir Cilandak. (man)
Penutupan Latihan Penyegaran Nasional di Bumi Marinir Cilandak. (man)
Penutupan Latihan Penyegaran Nasional di Bumi Marinir Cilandak. (man)

PalapaNews- Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu kekuatan sipil yang beranggotakan mahasiswa untuk mempertahankan negeri. Untuk kedua kalinya, alumni Menwa menggelar Latihan Penyegaran Nasional di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Pusat, sejak (30/10/2015) hingga (1/11/2015).

Koordinator Latihan Widya Castrena Dharma Siddha (WCDS), Datep Purwa Saputra mengatakan pelatihan di tahun kedua ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin tahunan. Dimana para alumni dan mantan menwa tetap memiliki jiwa nasionalisme untuk membela negara.

“Sebanyak 140 pesera alumni Menwa yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia ini siap mengikuti latihan penyegaran dan penyempurnaan ilmu keprajuritan selama 3 hari. Para alumni Menwa diharuskan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Datep yang juga Direktur PT PELNI seusai upacara penutupan.

Tambahnya, latihan penyegaran secara fisik pun tetap dilakukan walaupun usia para alumni Menwa sudah tidak muda lagi. Seperti latihan menembak, lempar pisau, PBB bersenja, pedang pora, dan melihat media tank.

Salah satu peserta, Andang Haryanto mengatakan, terpanggil hatinya menjadi pejuang dalam bela negara. Menurutnya, apapun yang berkaitan dengan jiwa nasionalisme dan bela negara akan diikuti.

“Jika dulu kami berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator kampus, saat ini diingatkan kembali melalui latihan penyegaran dan kembali menjiwai bahwa teman-teman militer sudah mengorbankan nyawanya. Bahkan keluarganya untuk membela bangsa,” pungkas Mantan Direktur Utama Bank Indonesia ini. (man)

Komentar Anda

comments