Kualitas & Kuantitas Bahan Kampanye Diprotes

oleh -
Baliho pasangan calon di Bundaran Maruga, Ciputat. (one)
Baliho pasangan calon di Bundaran Maruga, Ciputat. (one)

PalapaNews- Tim pemenangan pasangan calon walikota-wakil walikota Tangerang Selatan (Tangsel) menilai kuantitas bahan kampanye yang dicetak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat minim. Terlebih, untuk disebar di tujuh kecamatan.

Tak kuantitas, masalah kualitas bahan kampanye pun jadi bahan pergunjingan. Pasalnya, bahan kampanye yang dicetak terlalu tipis dan sangat rentan rusak.

“Jumlahnya sangat kurang. Apalagi untuk poster dan brosur,” kata Sekretaris tim pasangan calon nomor urut 2, Arsid-Elvier Ariadiannnie Soedarto Poetri, Muhammad Fatihillah, Senin (26/10/2015).

Sebetulnya, kata Muhammad, poster sebagai pengganti benner yang dipasang di banyak titik. “Tapi kalau jumlahnya hanya segini mungkin penyebarannya tidak akan merata ini bisa saja hanya cukup satu kelurahan saja,” ujarnya.

Selain masalah kuantitas, tim pemenangan Arsid-Elvier ini juga menyoroti masalah durasi pencetakan bahan kampanye yang terlalu lama. “Sudah begitu proses cetaknya sangat lama, jadi seharusnya sudah bisa dibagikan sejak masuk awal tahap kampanye,” paparnya.

Senada dikatakan juru bicara pasangan calon nomor urut 3 Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, Ahmad Fauzi. Ia mengaku jumlahnya sangat kurang, seharusnya disamakan saja selurunya yaitu sebanyak 400 ribu lebih seperti flyer.

“Kenapa flyer lebih banyak dibandingkan yang lainnya, padahal semuanyakan sama-sama dibutuhkan. Jadi harusnya jumlahnya sama, agar penyebarannya benar-benar merata,” ujarnya.

Setelah mendapatkankan bahan kampanye itu, kata Fauzi, maka akan langsung disebar ke selurh relawan dan tim dari partai politik (parpol) pendukung. Agar langsung menyebarkannya ke titik-titik massa.

“Langsung disebarkan, dan yang pasti kami rapatkan dulu titik penyebarannya di mana saja,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Pantauan palapanews.com di Sekretariat KPU Kota Tangsel, ratusan ribu bahan kampanye sudah tiba dan tim pasangan calon langsung datang ke KPU untuk mengmbail bahan kampanye tersebut.

Dari data bahan kampanye yang dicetak, diketahui untuk leaflet sebanyak 10 ribu, flyer 400 ribu, brosur 10 ribu dan poster 10 ribu. (jok)

Komentar Anda

comments