BATAN & Perancis Kerjasama Pemanfaatan Energi Nuklir

oleh -
Seminar pemanfaatan energi nuklir di BATAN. (man)
Seminar pemanfaatan energi nuklir di BATAN. (man)
Seminar pemanfaatan energi nuklir di BATAN. (man)

Palapanews- Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Perancis dengan Indonesia di bidang pemanfaatan energi nuklir yang bersih dan kompetitif, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Miner-Nantes/Subatech melaksanakan penandatanganan MOU di Ruang Pertemuan Gedung 71 BATAN, Kawasan Puspiptek, Kota Tangerang Selatan, Senin (12/10/2015).

“Sebagai lembaga litbang yang juga promotor pemanfaatan teknologi, kami menyambut baik kerjasama dengan Perancis sebagai negara dengan kemampuan teknologi nuklir yang sangat maju dan mempunyai pengalaman panjang dalam mengoperasikan PLTN,” kata Kepala BATAN, Djarot Sulistio Wisnubroto.

Menurutnya, karena Perancis memiliki berbagai teknologi baik kecil maupun besar, sehingga kerjasama ini ditujukan memberi penguatan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) bahwa Indonesia siap bekerjasama dengan berbagai negara yang memperkuat infrastruktur pemanfaatan tenaga nuklir untuk keperluan damai.

“Keinginan kuat pemerintah Indonesia dalam pemenuhan energi jangka panjang mengharuskan kita tetap mempertimbangkan nuklir sebagai bahan bauran energi,” jelas Djarot.

Sementara, Deputy Director AFNI/CEA, Marc Ponchet mengatakan negara Perancis selalu mengoperasikan teknologi nuklir baik dalam skala kecil ataupun besar. Oleh sebab itu, pihaknya memiliki keinginan untuk membantu Indonesia dalam pemanfaatan nuklir sebagai sumber energi Indonesia. (man)

Komentar Anda

comments