Tak Digaji Agensi, ABK Dipulangkan dari Afrika Selatan

oleh -
Ketiga ABK yang dipulangkan dari Cape Town. (bon)
Ketiga ABK yang dipulangkan dari Cape Town. (bon)
Ketiga ABK yang dipulangkan dari Cape Town. (bon)

Palapanews- Sedikitnya tiga Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di sebuah kapal asing di kota Cape Town, Afrika Selatan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis sore (8/10).

Diketahui, ketiga ABK ini dipulangkan ke tanah air lantaran gaji mereka tak kunjung dibayarkan pihak agensi.

Salah seorang ABK Azmir Soni mengatakan dirinya bersama dua ABK lainnya berada di bawah agensi yang berbeda. Ketiganya merupakan ABK di kapal asing milik China yang sudah bekerja selama 18 bulan.

“Kami tidak mendapat upah yang telah disepakati dengan pihak agensi tiap bulannya. Kesepakatannya, agensi mengirimkan upah langsung ke pihak keluarga,” ungkap Azmir menjelaskan.

Ternyata, dirinya bersama dua ABK lainnya akhirnya mengetahui bahwa pihak agensi tidak mengirimkan upah dari yang disepakati.

“Ya akhirnya kami dipulangkan untuk mengurus persoalan gaji,” paparnya.

Kasubdit Pelayan Kepulangan BNP2TKI Budiman Pasaribu mengatakan pihaknya akan meminta klarifikasi kepada perusahaan para ABK ini bekerja. Pemanggilan ini terkait persoalan gaji yang diduga tidak dibayarkan sesuai dengan kesepakatan kerja.

“Kami menerima kedatangan para ABK ini dan langsung meminta klarifikasi terkait persoalan ini,” ucapnya.

Menurut Budiman, dalam kontrak perjanjian antara ABK dengan pihak agensi, para ABK mendapatkan gaji setiap bulannya sebesar USD900.

“Namun hanya baru dibayar USD230. Ini yang harus kami klarifikasi,” tambahnya. (don)

Komentar Anda

comments