Cari Uang untuk Negara, BATAN Bentuk BLU

oleh -
Perkantoran BATAN di kawasan Puspiptek. (bbs)
Perkantoran BATAN di kawasan Puspiptek. (bbs)
Perkantoran BATAN di kawasan Puspiptek. (bbs)

Palapanews- Badan tenaga Nuklir Nasional (BATAN) direncanakan membentuk Badan Layanan Umum (BLU). Pembentukan BLU ini untuk memberikan keuntungan pada negara dari pendapatan non pajak.

“Arahnya memang demikian, kami menginginkan membentuk BLU. Namun untuk sampai ke sana perlu ada beberapa tahapan atau tujuan yang harus dicapai untuk memenuhi persyaratan terbentuknya BLU ini,” kata Kepala BATAN, Djarot S Wisnubroto di Perkantoran BATAN Komplek Puspiptek Kecamatan Setu, Selasa (6/10/2015).

Salah satu persyaratan yang harus ditempuh adalah BATAN harus menghasilkan penerimaan minimal Rp20 miliar untuk negara. Sebab selama ini, BATAN hanya menghasilkan sekitar Rp13 hingga Rp15 miliar saja.

Maka diperlukan berbagai upaya penemuan yang berguna untuk dunia industri yang juga bisa di konfensionalkan. Misalnya saja hasil neutron yang bisa dimanfaatkan untuk penelitian di bidang industri. BATAN sudah bekerjasama dengan Honda-Astra untuk menguji produk dokumentasi mesinnya.

Meski begitu, Djarot mengaku target BLU ini tidak menjadikan BATAN sebagai tujuan utama atau malah mengubah arah BATAN menjadi mengejar profit.

“Tidak demikian, kami tetap mengabdikan diri menjadi bagian penelitian dan menemukan berbagai inovasi baru untuk masyarakat,” kata dia. (one)

Komentar Anda

comments