Ini Hasil Tipu-tipu Ustad Gadungan

oleh -
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)

Palapanews- Komplotan penipu dengan modus menggandakan uang dibekuk aparat Satreskrim Polres Bandara Soekarno Hatta, setelah berhasil membawa kabur uang Rp90 juta milik pengusaha sawit.

Para pelaku adalah MU alias AA, 37, yang mengaku sebagai Ustad, serta rekannya EA alias WA, 37, dan EA, 53. Dalam, aksinya mereka mengaku bisa menggandakan uang tiga kali lipat.

Palapanews- Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta, Komisaris Azshari Kurniawan mengatakan komplotan penipu dengan modus mengaku sebagai ustad yang bisa melipatgandakan uang, pernah menipu pengusaha kelapa sawit di Kalimantan.

“Kejadiannya, saat korban Pandi, anak pengusaha sawit (Sobari), mendapat SMS gelap dari pelaku yang bisa menggandakan uang,” kata Kasat Reskrim di Mapolres Bandara Soekarno Hatta, Senin (5/10/2015).

Kemudian Pandi dengan ditemani ayahnya bertemu dengan ketiga pelaku di Terminal I B Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada bulan Juni Lalu. Pandi membawa uang Rp200 ribu untuk digandakan. Kemudian mereka naik bus menuju Bandung.

“Proses penggandaan dilakukan di dalam bus selama perjalanan ke Bandung. Ustad AA, membungkus uang Rp200 ribu milik korban dengan kain putih bergambar tulisan arab warna merah, kemudian di doakan,” jelasnya.

Setelah tiba di Terminal Leuwi Panjang Bandung, mereka pergi hotel di kawasan tersebut. Pelaku memberikan kain tersebut kepada korban di sebuah ruang gelap. “Saat dibuka ternyata uang korban berubah menjadi Rp5 juta,” kata dia.

Ternyata melihat uang anaknya bertambah berlipat gandam, Sobari, merasa tertarik dengan penggandaan uang terseburt. Dua bulan kemudian, Sobari menjual lahan sawit miliknya dan mendapatkan Rp90 juta. Kemudian dia menghubungi pelaku melalui ponsel untuk bertranskasi penggandaan uang.

Mereka pun janjian di tempat yang sama saat mereka bertemu sebelumnya, yakni di Terminal I B Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pada 20 Agustus  2015, mereka pun bertemu di sana dan menyerahkan uang Rp90 juta.

“Proses dilakukan dengan cara yang sama dengan dibungkus kain putih. Sebelum pergi ke Bandung, Ustad AA terlebih dahulu mengajak Sobari sholat berjamaah. Hal itu untuk meyakinkan korban bahwa pelaku seorang Ustad,” katanya.

Sesampainya di Bandung, ternyata ketiga pelaku kabur meninggalkan korban. Saat korban membuka kain putih tersebut, uang Rp90 juta ternyata telah ditukar dengan 10 ikat kertas putih polos seukuran uang dan sejumlah uang Rp5 juta,” tandasnya.

Atas Kejadian tersebut Sobari dan anaknya langsung melaporkan penipuan yang dialaminya ke Polres Bandara Soekarno Hatta. Baca: Ada ‘Ustad’ Ngaku Bisa Gandakan Uang di Tangerang

“Kita amankan tiga pelaku, MU alias AA (37), EA alias WA (37) dan EA (53),” kata Kasat Reskrim. (nai)

Komentar Anda

comments