Pesawat Tempur F-16 & T-50 Bakal Atraksi di Cilegon

F 16 Fighting Falcon. (bbs)
F 16 Fighting Falcon. (bbs)

Palapanews- Peringatan hari ulang tahun ke-70 Tentara Nasional Indonesia 5 Oktober nanti di Pantai Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, bakal diramaikan atraksi pesawat tempur yang diturunkan TNI Angkatan Udara.

“Dua pesawat tempur akan diturunkan, yakni F-16 Fighting Falcon dan T-50 Super Eagle,” kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna, belum lama ini.

Para penerbang TNI AU, Agus katakan bakal mendemontrasikan skema pertempuran udara di atas Pantai Indah Kiat, Kota Cilegon.

“Untuk menunjukkan operasi udara, pertempuran akan kami turunkan ke bawah. Sebenarnya kan di udara, jauh di ketinggian, tapi nanti kami akan simulasikan di bawah bagaimana penghancuran sasaran,” ucap Agus.

Untuk diketahui, daftar sementara alat utama sistem senjata (alutsista) TNI AU yang akan diturunkan pada HUT TNI pekan depan sebetulnya tak jauh beda dengan deretan pesawat tempur yang terlibat dalam gelar pasukan dan demonstrasi kemampuan pada HUT TNI tahun lalu.

Tahun lalu, TNI AU menurunkan F-16 yang dimiliki Skuadron 16 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, serta Hawk MK-53 dan T-50 Golden Eagle milik Skuadron 15 di Lanud Iswayudi, Madiun. (nai)

Komentar Anda

comments