Indonesia Kirim Tim DVI Mabes Polri ke Arab Saudi

oleh -
Menteri Agama RI, Lukman Hakim. (bbs)
Menteri Agama RI, Lukman Hakim. (bbs)
Menteri Agama RI, Lukman Hakim. (bbs)

Palapanews- Pemerintah RI turut membantu percepatan proses identifikasi jenazah haji pada tragedi Mina. Bahkan, Mabes Polri mengutus tim Disaster Victim Identification (DVI).

Dari data Kementerian Agama RI, hingga Kamis (1/10/2015) tercatat 59 warga negara Indonesia tewas pada tragedi Mina. 55 korban di antaranya merupakan jamaah haji dan sisanya WNI yang menetap di Indonesia.

“Kita turut prihatin atas tragedi Mina yang merenggut nyawa jamaah haji dari sejumlah negara, termasuk Indonesia,” kata Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaefudin di Terminal VIP Bandara Soekarno Hatta, Jumat (2/10/2015).

Ia mengaku, pemerintah Indonesia mengutus 10 personel tim DVI Mabes Polri ke rumah sakit Arab Saudi. Rencananya, tim tersebut di tanah suci esok hari, Sabtu (3/10/2015).

“Mereka akan bekerja tanpa batas waktu, hingga seluruh jamaah haji dinyatakan hilang dapat ditemukan. Sifatnya, untuk mempercepat proses identifikasi,” Menteri Agama menambahkan.

Hingga saat ini, menurutnya tersisa ada empat jemaah haji yang dirawat. “74 jamaah haji yang masih dinyatakan hilang.”

Untuk diketahui, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang diizinkan Kerajaan Arab Saudi untuk mengirimkan tim khusus untuk membantu proses identifikasi jenazah. (nai)

Komentar Anda

comments