Seminar Nasional, Arief Berbagi Ilmu Soal Sampah

oleh -
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.(bbs)
Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.(bbs)

Palapanews- Walikota Tangerang Arief R Wismansyah berbagi ilmu soal pengelolaan sampah yang dilakukan di Kota Tangerang kepada 49 Walikota dan Bupati dalam kegiatan Dialog Pengelolaan Sampah yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Surabaya, Jawa Timur.

Arief yang menjadi narasumber, menyoroti isu penting pengelolaan sampah yang bertumpu pada sinergitas para pemangku pengelolaan sampah, terutama masyarakat.

“Tahun 2008 kita menjadi kota terkotor, namun dua tahun kemudian kita sudah mendapatkan Adipura, dan sampai sekarang kita sudah dua kali dapat Adipura Kencana,” kata Arief.

Dijelaskannya, keberhasilan pemkot Tangerang dalam mengubah predikat kota terkotor menjadi kota bersih tidak bisa terlepas dari peran serta masyarakat, yang ingin ikut berpartisipasi dalam menyelesaikan persoalan kota, terutama persoalan sampah.
“Awalnya memang sulit, namun setelah ada kelompok masyarakat yang bisa mandiri karena sampah, dari situ kemudian mereka termotivasi untuk bikin TPS atau Bank Sampah.”

“Kita juga mensyaratkan agar tiap RW bikin Bank Sampah, dan setiap developer perumahan juga kita wajibkan untuk tidak hanya mempunya zero run off system, namun zero waste system,” imbuhnya.

Sampai tahun 2015 telah muncul 39 komunitas peduli sampah yang tersebar di Kota Tangerang, belum lagi Bank Sampah yang sampai tahun 2015 sudah mencapai 350 buah, melonjak drastis dari awal muncul program Bank Sampah pada tahun 2012 yang berjumlah 120 buah.

Selain itu, program Tangerang Berkebun juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, dan sampai bulan September 2015 tercatat sudah ada 100 lokasi yang menjadi lokasi program Tangerang Berkebun. (nai)

Komentar Anda

comments