TOGA Kelurahan Parung Serab Melenggang ke Tingkat Nasional

oleh -
Tanaman Obat Keluarga. (bbs)
Tanaman Obat Keluarga. (bbs)
Tanaman Obat Keluarga. (bbs)

Palapanews- Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang dilakukan warga RW 09, Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, saat ini tengah mendapat penilaian dari tingkat nasional, setelah menjuarai seleksi Kampung TOGA tingkat Provinsi Banten.

“Kami sudah melewati beberapa tahap. Alhamdulillah di tingkat provinsi kami menang, sekarang terakhir masuk di tingkat nasional. Ini semua tentu atas upaya yang dilakukan warga maupun para RT dan RW yang turut menggerakan warganya. Untuk tingkat nasional, Insyaallah bisa mendapat capaian terbaik juga,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Aini Suci di sela-sela kegiatan penilaian Kampung Toga Tingkat Nasional, di Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Senin (21/9/2015).

Selanjutnya, Aini Suci menjelaskan selama ini timnya sudah memberikan sosialisasi kepada warga terkait pemanfaatan lingkungan rumah khususnya di perkarangan rumah dengan menanam tanaman obat. ”Dengan adanya Toga, lingkungan rumah selain jadi semakin hijau dan asri, kalau ada yang sakit tanamannya juga bisa dimanfaatin untuk obat,” serunya.

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin yang turut mendampingi tim penilai dari Kementerian Kesehatan menuturkan penilaian Kampung Toga ini tak semata ajang kompetisi akan tetapi harus dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk dapat terus meningkatkan kualitas lingkungan maupun pengetahuan soal tanaman obat seperti kumis kucing, lavender, jahe dan sebagainya, yang dapat ditanam di pekarangan rumah sehingga keberadaannya akan semakin berguna bagi warga sekitar dan lingkungan pun akan semakin hijau.

“Kalau warga semakin paham dengan Toga, kedepan bisa saja kita kembangkan  pengobatan secara alami dengan Toga yang berasal dari Parung Serab maupun Kampung Toga yang tersebar di 13 Kecamatan,” terang Wakil Walikota. (nai)

Komentar Anda

comments