YLKI Dukung Kenaikan Cukai Rokok

oleh -
Cukai rokok. (bbs)
Cukai rokok. (bbs)
Cukai rokok. (bbs)

Palapanews- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung rencana pemerintah menaikan cukai rokok. Bahkan, YLKI menyarankan kenaikan hingga titik maksimum, yakni 57 persen dari harga ritel (eceran).

“Titik maksimum kenaikan 57 persen itu sebagaimana mandat UU tentang cukai. Sebetulnya, ada dua manfaat yang bisa diambil dari kenaikan ini,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

Keuntungan pertama, yakni akan meningkatkan pendapatan pemerintah dari sektor cukai. Sedangkan yang kedua, yakni menjadi solusi pengedalian penggunaan rokok oleh masyarakat.

“Dengan begitu, rokok tidak gampang diakses oleh masyarakat menengah bawah. Murahnya rokok karena cukai rokok kita masih rendah, terendah di dunia,” Tulus Abadi menambahkan.

YLKI, menurut Tulus Abadi meminta pemerintah, Kemendag, untuk melarang penjualan rokok di ritel modern, sebagaimana miras.

“Rokok dan miras adalah sama dan sebangun, rokok dan miras sama-sama produk yang dikenai cukai. Miras dilarang dijual di retailer modern, seharusnya rokok juga sama,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments