Walikota se-ASEAN Apresiasi Konsep Tangerang Live

oleh -
Arief memaparkan program Tangerang Live pada ASEAN Mayor Forum. (ist)
Arief memaparkan program Tangerang Live pada ASEAN Mayor Forum. (ist)
Arief memaparkan program Tangerang Live pada ASEAN Mayor Forum. (ist)

Palapanews- Pengembangan Kota Cerdas milik Kota Tangerang mendapatkan banyak apresiasi dari Walikota se-ASEAN yang hadir dalam gelaran Asean Mayor Forum, Rabu (9/9/2015) di Hotel Four Point Sheraton, Makassar.

Selama hampir kurang lebih 20 menit di hadapan puluhan Walikota beserta undangan lainnya yang hadir, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menyampaikan paparan terkait pengembangan Kota Cerdas yang dilakukan pihaknya.

Dalam paparannya, Arief menjelaskan bagaimana program Tangerang Live telah sedikit banyak mengubah paradigma masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam pengembangan kota.

“Sebuah kota dikatakan cerdas, manakala masyarakatnya sudah tidak berjalan sendiri-sendiri, untuk itulah kami mencoba mendorong masyarakat melalui komunitas untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan kota ini,” paparnya.

Selain itu juga dia menjelaskan bagaimana dirinya juga terus mendorong laju ekonomi masyarakat dengan memberikan akses kemudahan dalam berinvestasi melalui penerapan sistem izin online dan juga memberikan pelatihan kepada pelaku UKM untuk memasarkan barang dagangannya secara global.

“Di tengah kondisi ekonomi indonesia saat ini yang sedang lesu, untuk itu pemerintah kota mencoba membantu UKM melalui pelatihan pemasaran via online, dan segera kami akan bekerjasama dengan Facebook sebagai mentornya.”

Usai memberikan pemaparan, Walikota mendapatkan banyak respon dari Walikota yang hadir, salah satunya Walikota dari Kamboja yang mengapresiasi keberhasilan pemerintah Kota Tangerang menerapkan kota Cerdas yang melibatkan berbagai elemen masyarakat di dalamnya.

Sebagai informasi, Walikota menjadi narasumber diskusi bersama Organisasi UN Habitat Acting Head Local Gov and Decentralization, Mrs Diana Lopez dan Walikota Sebrang Perai Malaysia Dato Maemunah Mohd. Sharif.

Selain itu juga disela sela kegiatan Walikota sempat melakukan penandatangan MOU bersama Direktur Jenderal Sumber Daya Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Muhammad Budi Setiawan, M.Eng terkait penerapan Call Center Tanggap Darurat. (rls/nai)

Komentar Anda

comments