Zaki Diminta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

oleh -249 views
Dialog Publik dan Kongres Komite Komunitas Tangerang di Tigaraksa. (ist)
Dialog Publik dan Kongres Komite Komunitas Tangerang di Tigaraksa. (ist)
Dialog Publik dan Kongres Komite Komunitas Tangerang di Tigaraksa. (ist)

Palapanews- Pemkab Tangerang di bawah kepimimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar diminta terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, dengan asa-asa umum tata kelola pemerintahan dan koperasi yang baik.

“Peningkatan kualitas pelayanan publik ini penting dalam rangka pencapaian tujuan otonomi daerah yang salah satunya peningkatan pelayanan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat ,” ungkap Mohamad Romli, dalam Dialog Publik dan Kongres Komite Komunitas Tangerang, Sabtu (29/8/2015) lalu di Tigaraksa.

Strategi peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut, kata Romli, bisa dimulai dengan melibatkan masyarakat dalam penyusunan standar pelayanan, maklumat pelayanan, standar operasional prosedur untuk setiap jenis layanan publik.

“Keterlibatan masyarakat ini sesuai dengan amanat regulasi tentang pelayanan publik dan bisa menjadi salah satu jaminan bahwa pihak penyelenggara pelayanan dalam hal ini Pemkab Tangerang dalam menetapkan kebijakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat,” ungkapnya

Sementara itu, Sugeng Bahagijo, Direktur INFID Jakarta yang juga menjadi narasumber menegaskan bahwa partisipasi masyarakat menjadi salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik, Sugeng mencontohkan beberapa praktek yang dilakukan oleh beberapa kota dinegara maju seperti Paris, New York dan lain-lain.

“Keterlibatan warga di kota-kota tersebut dilakukan sejak di bangku sekolah, beberapa sekolah melakukan praktek partisipasi siswa untuk menentukan alokasi dana sekolah,” tambahnya.

Soma Atmaja, Kepala Dinas Infokom yang mewakili Bupati Tangerang selain memaparkan 25 program unggulan Pemkab Tangerang, juga berharap organisasi alumni Sekolah Demokrasi Tangerang ini bisa berkiprah bersama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Saya menunggu rekomendasi hasil kongres ini yang nanti kita sampaikan bersama-sama kepada Bapak Bupati,” ujarnya. (rls/one)

Komentar Anda

comments