Rp20 Miliar Bangun Sentra UKM di Tangsel

oleh -
Pembukaan Sentra IKM di Buaran. (ist)
Pembukaan Sentra IKM di Buaran. (ist)
Pembukaan Sentra IKM di Buaran. (ist)

Palapanews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) bakal menganggarkan Rp20 miliar untuk pembangunan gedung sentra UKM di daerah tersebut.

Rencananya, gedung berlantai lima itu bakal dibangun di atas lahan milik Pemkot Tangsel seluas 2500 meter persegi di Jalan Pahlawan Seribu, Kelurahan Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong.

“Tahun ini pembuatan DED (Detailed Engineering Design). Rencananya, proses pembangunan dimulai pada tahun anggaran 2016 mendatang,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Warman Syanudin.

Gedung sentra UKM itu bukan hanya untuk display produk saja. Di dalamnya bakal disediakan ruangan untuk pelatihan dan pembinaan bagi pelaku UKM, seperti pelatihan produksi, pemasaran dan pelatihan managamen.

“Pembinaan harus sejalan dengan tujuan kedepan, mengapa karena fokus pemerintah Kota Tangsel akan meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui UKM. Pada tahun-tahun sebelumnya memang fokus Pemerintah Kota Tangsel pada bangunan fisik, pendidikan dan kesehatan, namun sekarang ekonomi,” tambahnya.

Pembangunan gedung sentra UKM ini, diakuinya mendesak. Terlebih, saat ini sudah tercatat ada 20 ribu pelaku usaha kecil menengah yang rutin produksi. Mereka bergerak dalam berbagai jenis olahan, seperti makanan, pakaian dan lainnya.

“Dengan adanya gedung SMESCO (Small and Medium Enterprises and Cooperatives/UKM) ini, pemasaran akan lebih teratur. Karena menjadi tugas kami untuk membantu masyarakat atau pelaku UKM dalam hal pemasarannya,” tandasnya.

Diketahui, Kota Tangsel juga sudah memiliki sentra Industri Kecil Menengah (IKM) di Restoran Kampoeng Anggrek, Buaran. Sentra IKM, dibina Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat. (one)

Komentar Anda

comments