RTH di Kota Tangerang Baru 11 Persen

oleh -
Taman Potret, salah satu ruang terbuka hijau di Kota Tangerang. (nai)
Taman Potret, salah satu ruang terbuka hijau di Kota Tangerang. (nai)

Palapanews- Gerakkan penghijauan yang tengah digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, belakangan ini ternyata tak begitu mendongkrak bertambahnya ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Diketahui, lawasan hijau di kota yang memiliki luas wilayah 184,23 Kilometer persegi hingga akhir 2014 ini baru mencapai sekitar 11 persen.

“mengacu pada Undang – Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang, daerah perkotaan diwajibkan untuk menyediakan 30 persen dari total luas area,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kota Tangerang, Wawan Anwar.

Selain itu, kata dia, berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 05/PRT/M/2008 Tentang Penyediaan dan Pemanfaatan  kawasan terbuka hijau di kawasan perkotaan merupakan salah satu unsur dalam upaya mereduksi pencemaran udara.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk menyediakan kawasan terbuka hijau. Karena itu adalah hak publik yang sudah diatur dalam Undang-Undang,” ujar Wawan.

Ketua komisi III DPRD Kota Tangerang, Solihin mengatakan keseriusan Pemkot dalam menyediakan kawasan terbuka hijau, belum maksimal. Pasalnya, banyak lahan di Kota Tangerang, yang seharusnya menjadi kawasan hijau, justru beralih fungsi jadi perumahan dan pertokoan.

“Kami akan meminta Pemkot serius melakukan pembenahan, karena selain menjalankan amanah UU, keberadaan RTH juga bisa dijadikan sarana rekreasi bagi warga Kota Tangerang,” tandasnya. (nai)

Komentar Anda

comments