Contek Bandung, Arief Mau Bikin Command Center

oleh -
Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Tangerang Arief.(hms)
Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Walikota Tangerang Arief.(hms)

Palapa News- Pemkot Tangerang berencana membuat Command Center atau pusat kendali. Teknologi yang sudah diterapkan Pemkot Bandung ini berbasis Teknologi Informasi (IT).

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan teknologi berbasis IT yang telah dibuat di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat Command Center. Upaya ini merupakan bagian dari pengembangkan program Smart City.

“Kita kan punya ATCS di Dishub, control room di DKP dan Damkar, nanti itu dikumpulkan jadi satu dan dibuat menjadi Tangerang Command Center yang rencana berada di Gedung Pemkot Tangerang,” katanya, Kamis (6/8).

Menurutnya, untuk mengembangkan Smart City, pihaknya telah mengembangkan berbagai program diantaranya Smart Environment, Smart People, Smart Economy, Smart Goverment dan Smart Transportation.

“Ada Smart Environment, berkaitan dengan lingkungan, di beberapa Puskesmas dan Kantor kecamaan ada IPAL agar bagaimana air bisa di-recycle agar bisa diminum, lampu-lampu sudah pakai solar cell. Smart people, kita bentuk komunitas masyarakat yang melek teknologi. Smart Economy, Bagaimana UMKM bisa jualan online. Smart Transportation, jadi akhir tahun ini kita implementasi BRT, tiap bus dipasang GPS Tracker, jadi masyarakat bisa tau posisi bus dimana,” jelasnya. (nai)

Komentar Anda

comments