Kecamatan Pinang Gelar Operasi Bina Kependudukan

oleh -
Operasi BIna Kependudukan di Kecamatan Pinang. (ist)
Operasi BIna Kependudukan di Kecamatan Pinang. (ist)

Palapa News- Pascahari raya Idul Fitri, biasanya kaum urban banyak berdatangan ke kota-kota besar, termasuk Kota Tangerang. Untuk mendata pendatang baru ini, Kecamatan Pinang melakukan langkah cepat dengan menggelar Operasi Bina Kependudukan.

Sekretaris Kecamatan Pinang, Syarifudin Harjawinata mengatakan kegiatan Operasi Bina Kependudukan dilaksanakan demi ditujukan untuk menciptakan kondisi keamanan lingkungan yang kondusif pascalebaran Idul Fitri 1436 Hijriah di seluruh wilayah Kecamatan Pinang.

“Operasi Biduk (Bina Kependudukan) ini sangat diminati warga, karena kami melakukan secara jemput bola, yaitu warga dilayani langsung di tempat tinggalnya,” ujar Sekretaris Kecamatan Pinang, Syarifudin Harjawinata.

operasi Biduk Kecamatan PinangKegiatan ini, menurutnya melibatkan sejumlah instansi. Antara lain kelurahan, Binamas, Babinsa serta Ketua RT dan RW. Selain itu kata Syarifudin kegiatan ini dituju kepada para penghuni rumah-rumah kontrakan dengan mendata KTP, surat keterangan resmi bila penghuni mengaku pasangan suami istri.

“Selain KTP, buku nikah, atau keterangan sah lainnya, juga diperiksa kelengkapannya. Rata-rata penghuni kontrakan hanya belum melaporkan ke RT-RW setempat saja, Saya berharap peran-serta masyarakat diperlukan untuk memberi informasi bila di lingkungannya ada kegiatan yang mencurigakan,” kata Syarifudin.

Untuk mengendalikan penduduk tersebut, maka dilakukan Operasi Biduk dengan sasaran penduduk tetap maupun tidak tetap (WNI dan WNA) yang tinggal di rumah kontrakan/kos, pekerja home industri.

kecamatan pinang“Selain itu sasaran Biduk juga pemukiman padat penduduk yang duiduga sebagai kantong-kantong pendatang yang disinyalir masih banyak yang belum mematuhi peraturan,” terangnya. (adv)

Komentar Anda

comments