Pembebasan Lahan Mandek, Kemen PU Lelang Proyek Flyover Gaplek

oleh -

Perempatan Gaplek

Palapanews- Proyek flyover Gaplek di Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipastikan berlanjut. Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum tengah melelang proyek senilai Rp130 miliar itu.

“Sudah dalam proses lelang. Sementara untuk pembebasan lahan baru mencapai 60 persen,” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV Kemen PU, Bambang Hartadi.

Proyek yang digagas sejak 2012 ini terkendala beragam masalah. Salah satunya, pembebasan lahan dan faktor sosial di lingkungan setempat.

“Masyarakat sekitar proyek dan pelaku usaha di sana menolak pembangunan flyover. Mereka menghendaki dibangun underpass daripada flyover,” Bambang menambahkan.

Sementara itu, Pemkot Tangsel terus melakukan upaya pembebasan lahan. Sejak 2012 lalu, hingga saat ini progres pembebasan lahan baru mencapai 60 persen.

“Banyak juga sertifikat milik warga yang disekolahkan (diagunkan) kepada pihak bank,” ungkap Kepala Bagian Pertanahan Sekretariat Daerah Tangsel, Heru Agus Santoso.

Megaproyek jalan layang sepanjang satu kilometer dengan lebar 34 meter diperkirakan akan menggusur 123 kavling dan bangunan warga di sekitar lokasi. (one)

Komentar Anda

comments