Peserta Diklat Pim IV Sosialisasi SIMANJA

Palapa News- Internet dewasa ini terus berkembang luas. Melalui internet, masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi apa pun, kapan saja dan di mana saja.

Penyajian basis data melalui website pun menjadi pilihan sejumlah pihak, baik itu pribadi, perusahaan swasta maupun pemerintah daerah. Karena, masyarakat akan dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan.

Melihat hal itu, salah seorang peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan 57 Provinsi Banten, dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Imanudin membuat konsep sistem data berbasis website.

Dalam paparannya di hadapan awak media dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Serpong, Selasa (7/7/2015) pria yang juga menjabat Kasi Data dan Informasi pada DBMSDA Kota Tangsel ini menamai projectnya itu Sistem Manajemen Data Jalan Kota dan Jalan Strategis Kota (SIMANJA).

“Melalui SIMANJA, data hasil pembangunan/peningkatan jalan kota dan strategis kota akan dipublikasikan. Fungsi lainnya, yakni sebagai kontrol SKPD dan media informasi bagi yang membutuhkan,” kata Imanudin, seraya mengaku proyek perubahan itu sudah disosialisasikan juga pada penyedia jasa, Senin (6/7/2015).

SIMANJA yang masuk dalam proyek perubahan 2015 ini, nantinya akan dikoneksikan dengan website dbmsda.tangerangselatankota.go.id. Untuk mendapat informasi yang dibutuhkan, nantinya masyarakat hanya cukup mengetik nama jalan dan lokasi.

Nantinya, akan muncul data-data terkait jalan yang dimaksud. Antara lain, panjang jalan, lebar jalan, foto jalan dan lainnya. Informasi data ini akan terus di-update, seiring berkembangnya pembangunan.

“Harapannya, SIMANJA mampu menjadi sumber informasi bagi yang membutuhkan, mulai dari stakeholder maupun bagi pengguna dan penyedia jasa,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments