Pesantren Kilat Lewat Ramadhan Camp TBAM

oleh -
Ramadhan Camp di Gang Masjid, Kelurahan Setu. (ist)
Ramadhan Camp di Gang Masjid, Kelurahan Setu. (ist)
Ramadhan Camp di Gang Masjid, Kelurahan Setu. (ist)

Palapanews- Sebanyak 48 anak usia SD di Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti pesantren kilat lewat Ramadhan Camp bersama Taman Baca Anak Matahari (TBAM). Kegiatan bertema ‘Bermain dan Belajar Bersama Alam dalam Ceria Ramadhan’ ini berlangsung di Jalan Raya Puspiptek, Gang Masjid RT 17/RW 04 Kelurahan Setu, dari 4-5 Juli 2015.

Fasilitas yang didapat para peserta selama kegiatan ini, antara lain tenda dome untuk menginap, makan sahur dan makan malam saat berbuka puasa, snack dan takjil, Games leader dan fasilitator, souvenir menarik dan sertifikat. Semua fasilitas itu diberikan cuma-cuma, alias gratis tanpa biaya pendaftaran.

Aquari Shandy selaku Ketua panitia mengatakan kegiatan ini digelar untuk memberikan pembinaan dan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi peserta dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan yang bernafaskan nuansa islami. Beberapa muatannya, antara lain mengetahui keutamaan Bulan Ramadhan, meningkatkan kemandirian dan motivasi, melatih rasa percaya diri dan kreativitas.

“Sumber pendanaan didapatkan dari hasil iuran panitia dan ada tambahan dari donatur atau teman-teman di luar kepanitiaan. Untuk tenda menginap sendiri panitia tidak menyewa, tapi hasil dari pinjaman teman juga. Pemateri dan para pengisi kegiatan juga alhamdulillah Kami banyak sekali mendapatkan support dari teman-teman relawan, baik dari Mahasiswa dan kalangan profesional yang alhamdulillah mereka tidak dibayar,” Shandy menambahkan.

Sebagai informasi, TBAM adalah komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan, khususnya mengenai perkembangan minat baca anak di Kota Tangsel. Berdiri sejak Januari 2014, komunitas ini bergerak secara mandiri dengan jumlah anggota mencapai 50 orang.

Salah satu wujud kegiatannya, antara lain meningkatkan minat baca anak dengan menyediakan ruang perpustakaan, menyediakan ruang bermain, belajar dan bersosialisasi yang saat ini berada di lokasi kegiatan Ramadhan Camp. (dd)

Komentar Anda

comments