Banyak Bos Angkot Abai Keselamatan Penumpang

Petugas usai memeriksa kelengkapan pengemudi angkot.(one)
Petugas usai memeriksa kelengkapan pengemudi angkot.(one)

Palapa News- Pengusaha angkutan perkotaan (angkot) di Tangerang Selatan (Tangsel) banyak yang tidak peduli dengan keselamatan penumpangnya. Buktinya, masih banyak ditemukan angkot yang buku uji KIR-nya mati.

Demikian terungkap dari razia di Jalan Puspiptek Raya, tepatnya di depan perumahan Serpong City Paradise. Petugas Dishubkominfo menjaring 25-30 kendaraan dan menilang sembilan, di antaranya.

“Satu unit angkot kita angkut, karena semua surat seperti Buku KIR, izin trayek, SIM dan STNK-nya mati semua,” kata petugas Dishubkominfo Kota Tangsel, Fiqa Firman.

Ia mengaku, bagi angkot yang buku KIR-nya mati langsung diarahkan untuk melakukan uji kelayakan kendaraan di tempat pengujian KIR, Jalan Pahlawan Seribu No 1, Kecamatan Setu.

“Uji KIR penting, untuk aspek keamanan. Maka itu, razia dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan umum,” kata Kabid Angkutan pada Dishubkominfo Kota Tangsel, Wijaya Kusuma.

Ia mengaku, razia seperti ini akan terus dilakukan hingga ke tujuh kecamatan. Hal tersebut dilakukan, selain untuk mengingatkan para supir dan pemilik angkot dan juga angkutan barang lainnya, betapa pentingnya membawa surat-surat resmi, juga untuk menggencarkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami ingin mengingatkan para sopir angkot betapa pentingnya mengurus segala perizinan selama di perjalanan. Jangan sampai mereka pergi bekerja kemana-mana malah dengan segala bentuk perijinan yang sudah tak berlaku lagi,” tuturnya.(one)

Komentar Anda

comments