Tangsel Siap Gelar Ujian Nasional Online

oleh -
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)

Palapa News- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) siap menerapkan ujian nasional (unas) secara online untuk tingkat SMP, SMA dan SMK. Ada delapan sekolah yang siap menerapkan ujian yang baru akan diujicobakan tahun 2015 ini.

Untuk tingkat SMP, antara lain SMP Al Azhar, SMP Pembangunan Jaya dan SMP Negeri 4 Tangsel. Sedangkan tingkat SMA/SMK, yakni SMA Pembangunan Jaya, SMA Al Azhar, SMA Negeri 3 Kota Tangsel, SMK Negeri 2 Kota Tangsel dan SMK Negeri 3 Kota Tangsel.

“Mulai menerapkan ujian online. Justru ini akan mempermudah siswa, karena tak lagi menggunakan kertas. Siswa juga tidak bisa menyontek dengan sistem ujian ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Mathodah.

Untuk tahun ini, menurutnya hanya sebagian kecil saja sekolah yang melaksanakan ujian nasional online. Namun, tak menutup kemungkinan ujian online bakal digelar di seluruh sekolah di Tangsel.

“Tidak menutup kemungkinan tahun depan akan semakin banyak jumlah sekolah yang melakukan ujian nasional. Tahun ini memang masih sedikit karena kali pertama kali dilakukan,” tambahnya.

Ia mengaku, Pemerintah tentunya melakukan verifikasi terlebih dahulu ke sekolah-sekolah yang memang sudah siap dan mampu menjalankannya. Mulai dari persiapan teknis, hingga mental siswanya.

Kepala SMA Negeri 3 Kota Tangsel, P. A. Sopandy mengaku sangat sepakat ada program ujian online. Hal itu bertujuan untuk mengurangi kecurangan dalam ujian dan mengajarkan siswa jujur dalam mengerjakan tugas, sehingga lebih efektif dan efisien.

“Kami sangat mendukung sekali program ini. Ini satu hal yang dianggap baik untuk menghindari kecurangan ujian yang dilakukan. Sedangkan persiapan yang harus dilakukan adalah persiapan guru, siswa dan perangkat yang dinilai lebih efisien.

Sopandy menjelaskan, secara teknis waktu pengerjaan yang dilakukan sama dengan ujian manual dan dilakukan selama 120 menit untuk satu pelajaran. Hanya saja bedanya dikertas atau Paper Based Test (PBT) dan dilayar monitor atau Computer Based Test (CBT).

“Komputer yang akan digunakan di-setting terlebih dahulu agar anak-anak siap dan langsung mengerjakan tugas. Selain itu untuk mengajarkan kepada siswa agar lebih percaya diri dalam mengerjakan soal-soal nanti,” paparnya.(man)

Komentar Anda

comments