Ini Tips Polisi Hindari Begal Motor

oleh -
Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang, AKBP Sutarmo.(bbs)
Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang, AKBP Sutarmo.(bbs)
Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang, AKBP Sutarmo.(bbs)

Palapa News- Aksi pencurian dengan kekerasan, atau yang sekarang lebih dikenal begal marak di sejumlah tempat, termasuk Kota Tangerang. Lantas, bagaimana menghindari begal sepeda motor, berikut tips dari Kepolisian.

“Pelaku begal kerap beraksi di wilayah yang sepi dan gelap karena tidak ada penerangan jalan. Di Kota Tangerang masih banyak  lokasi seperti itu, salah satunya di Bayur, Karawaci. Tempat seperti ini harus diwaspadai,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Sutarmo.

Menurutnya, ciri-ciri pelaku kerap beraksi lebih dari satu orang dan menggunakan kendaraan roda dua. Modusnya, dengan memepet korban dan mengancam dengan senjata api atau senjata tajam.

“Jika telah berada pada situasi ini, kalau bisa pengendara motor ngebut kencang sambil berteriak, lalu mencari tempat keramaian. Tapi kalau tidak bisa, jangan melawan pelaku, karena nyawa lebih berharga daripada harta,” ujar Sutarmo.

Adapun jam-jam rawan dimana pelaku kerap beraksi adalah saat jam berangkat dan pulang kerja, yakni pada pukul 04.00 – 06.00 WIB dan Pukul 20.00-23.00 WIB, serta jam serta jam pasar pada pukul 04.00-05.00 WIB.

“Jadi untuk menghindari aksi begal ini, masyarakat diharapkan pulang lebih awal atau berangkat bareng-bareng dengan rekan atau orang lain, jangan sendiri,” tambah Sutarmo.(nai)

Komentar Anda

comments