Produk IKM Tangerang Harus Sesuai SNI

oleh -
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)
Ilustrasi.(bbs)

Palapa News- Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Tangerang diminta terus meningkatkan kualitas produknya. Bahkan, kualitas produk harus mengacu Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Ini sebagai bentuk persiapan menghadapi persaingan pasar bebas tahun 2015,” kata Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri dalam acara Fasilitasi Pembinaan IKM untuk Mendapatkan SNI Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 di Jatiuwung, Rabu (12/11/2014).

Rencana penerapan pasar bebas 2015, menurutnya akan berdampak pada meningkatnya persaingan produk. Dengan adanya legalitas produk SNI, nantinya produksi yang dihasilkan para IKM akan dapat bersaing dengan produk lain di pasar domestik dan global, khususnya produk-produk impor yang mulai membanjiri pasar.

“Saya harap IKM dapat meningkatkan kualitas produknya dengan mendapatkan SNI karena secara otomatis bila produk yang berlabel SNI akan memiliki daya saing di pasar domestik maupun global,” paparnya dalam siaran pers yang diterima Palapa News.

Selain itu, pelaku IKM diminta membangun suasana kondusif dengan para pekerjanya dengan selalu menerapkan prinsip saling memahami antara hak dan kewajiban antara pemilik IKM dan pekerjanya.

“Saya harap para pengusaha juga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan indah serta mengelola limbahnya dengan baik,” ujarnya.

Kepala Dinas Perinduatrian, Perdagangan dan Koperasi (Indakop) Sayuti mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 120 pengusaha industri pangan, tekstil, obat-obatan, mainan anak dan lainnya. Kegiatan yang dilaksanakan dari 12 sampai 14 November 2014.

“Kami harap kegiatan ini mampu memberikan wawasan bagi para IKM terutama dalam meningkatkan produk yang mempunyai SNI,” kata dia.(nai)

Komentar Anda

comments