Dipuji Arief, Kelurahan Petir Jadi Kampung Bersih

oleh -
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.(er)
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.(er)
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.(er)

Palapa News- Gerakan masyarakat Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang menjadi Kampung Bersih mendapat apresiasi dari Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

“Salut untuk warga Petir, ternyata kita bisa selesaikan persoalan sampah bersama-sama,” Ujar Walikota saat meresmikan Bank Sampah Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Minggu (2/11/2014) lalu.

Kelurahan Petir yang selama ini terkenal akan persoalan banjir dan tumpukan sampahnya, secara perlahan telah berubah menjadi salah satu kampung bersih di Kota Tangerang.

“Ini berkat kekompakan dan komitmen yang kuat dari warga masyarakatnya untuk berubah. Semuanya mungkin bila kita bersama-sama,” jelas Walikota.

Komitmen luar biasa untuk menjadikan Kelurahan Petir sebagai kampung bersih juga terlihat dari adanya Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan Bersih dan Hijau (GEMPEL-BEHI).

Sebuah gerakan massal yang diinisiasi oleh warga sendiri untuk mengelola sampah di Kelurahan Petir. Hasilnya, meskipun gerakan tersebut masih berumur jagung namun sudah mampu menarik simpati masyarakat untuk bersama-sama mengurangi sampah mulai dari rumah tangga masing-masing.

“Bila 3 bulan lalu banyak media yang mengekspose tumpukan sampah di Petir saat ini bisa kita lihat hampir tidak ada sampah di sini,” Jelasnya.

Walikota juga mengharapkan penerapan Zero Waste System di Kelurahan Petir bisa memotivasi warga Kota Tangerang lainnya untuk secara mandiri bisa mengelola sampahnya.

Di antaranya melalui penerapan program Bank Sampah, yang bertujuan mengubah paradigma sampah dari cost center menjadi profit center akan terus diupayakan seiring dengan pemanfaatan teknologi maupun peningkatan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah di sekitar mereka.

“Sampah memang sumber masalah tapi sampah juga sumber kehidupan,” sambungnya.(nai)

Komentar Anda

comments