Cegah Banjir, Kali Ciputat Dikeruk

oleh -
Rombongan Walikota saat sidak pengerukan Kali Ciputat.(hms)
Rombongan Walikota saat sidak pengerukan Kali Ciputat.(hms)
Rombongan Walikota saat sidak pengerukan Kali Ciputat.(hms)

Palapa News- Kekhawatiran warga Perumahan Ciputat Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan datangnya banjir pada musim penghujan bisa jadi berkurang. Pasalnya, Kali Ciputat yang menjadi salah satu penyebab banjir mulai dikeruk.

Sabtu (25/10/2014), Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany sidak ke lokasi pengerukan Kali Ciputat. Diketahui, proyek pengerukan ini dikerjakan Dinas Bina Marga dan SDA Kota Tangsel.

“Ini sebagai upaya penanganan menghadapi musim penghujan. Apalagi Perumahan Ciputat Baru sering banjir,” kata Airin dalam keterangan resmi yang diterima Palapa News.

Menurutnya, proyek pengerukan Kali Ciputat merupakan tindak lanjut dari kunjungannya bersama rombongan Wakil Gubernur Banten pada 9 APril 2014 lalu. Kala itu warga dengan sepontan meminta agar Walikota melakukan pengerukan Kali Ciputat.

“Kita keruk. Endapan lumpur di Kali Ciputat ini sangat tinggi hingga mencapai 2 meter, dan sungai yang menyempit kita lebarkan yang kami keruk ini panjangnya mencapai dua kilometer,” beber Airin.

Menurutnya, pengerjaan ini merupakan penanganan darurat bukan bersifat proyek. “Semua dikerjakan oleh Bina Marga dan SDA kita manfaatkan yang ada sebelum terjadi musim hujan,” kata dia.

Kabid SDA pada Dinas Bina Marga dan SDA Kota Tangsel Ade Suprizal mengatakan penanganan banjir di Kota Tangsel tidak hanya membenahi saluran drainase dan memperbaikinya. Perilaku warga di bantaran kali, kata dia, turut mempengaruhi.

“Kehidupan di bantaran kali juga turut mempengaruhi. Jangan sampai mempersempit saluran air dan membuang sampah ke sungai dan kali sehingga terjadi sumbatan oleh sampah,” kata dia.(one)

Komentar Anda

comments