Simulasi, Atria Hotel Diancam Bom

oleh -
Pengamanan dalam simulasi anti teroris di Atria Hotel.(kie)
Pengamanan dalam simulasi anti teroris di Atria Hotel.(kie)
Pengamanan dalam simulasi anti teroris di Atria Hotel.(kie)

Palapa News- Hotel Atria Residence di Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, diancam bom, Sabtu (27/9/2014). Bahkan, suara ledakan bom terdengar dua kali dari kawasan hotel itu.

Di dalam kedua gedung mewah tersebut, ada sekelompok teroris menyandera pejabat Very Important Person (VIP) di hotel itu. Dari hasil penyisiran, didapati sebuah bungkusan mencurigakan di salah satu sudut lobi hotel.

Petugas memastikan bungkusan berwarna coklat tersebut sebuah bom. Dengan sigap, petugas menggerakan remote control mengambil dan mengarahkan ke kendaraan taktis untuk diamankan. Hotel pun dinyatakan telah aman.

Ternyata, skenario di atas merupakan bagian dari simulasi penanganan terorisme dan penanganan teror bom yang digelar Detasemen 902/AKSUS Satuan Bravo 90 Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (AU).

Dandim Detasemen 902/AKSUS Satuan Bravo 90 Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (AU) Mayor Jomangga Sitinjak mengatakan dalam simulasi ini pihaknya menurunkan 50 pasukan antiteror.

“Simulasi ini digelar untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa TNI selalu siap menghadapi ancaman apapun termasuk teroris,” katanya kepada wartawan.

Bahaya aksi terorisme, menurutnya, harus selalu diwaspadai. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingikan pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian maupun keamanan fasilitas umum.

“Pasukan kami merupakan pasukan terlatih untuk dalam penanganan aksi terorisme. Dengan latihan, kita berusaha untuk siap siaga,” terangnya.

Executive Assistant Manager Residence Gading Serpong Evriansyah menuturkan simulasi ini merupakan bagian dari pengamanan untuk mengantisipasi bentuk aksi terorisme.

“Kami banyak belajar dari simulasi ini terutama SOP dalam pengamanan tamu-tamu,” katanya.

Selain itu, sambung Evriansyah simulasi inipun jadi pembelajaran pihaknya. Terutama pada keamanan dan kenyamanan tamu.

“Ini menjadi pengalaman dan pembelajaran berharga buat kami,” katanya.(kie)

Komentar Anda

comments