Banten Tingkatkan Bantuan Pendidikan

oleh -

Murid SDN SodongPalapa News- Provinsi Banten secara serius menggalakkan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasarnya. Hal ini diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Rukman Tedy usai membuka pelatihan ToT Modul 2 Mitra DBE yang digelar USAID PRIORITAS di Hotel Fame, Summarecon Serpong, Minggu (31/8/2014).

Tedy mengungkapkan harapan agar pelatihan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) dapat diselenggarakan secara luas dan menghasilkan tata kelola sekolah yang lebih baik. Ia juga berharap agar program peningkatan mutu pendidikan bisa terus berkelanjutan.

Dia menginformasikan bahwa bantuan buku murah yang disalurkan kepada sekolah-sekolah di Provinsi Banten sudah dimulai. “Jadi setiap sekolah itu menerima uang 85 ribu rupiah per anak per bulan untuk pengadaan buku bacaan. Lima puluh ribu dari provinsi, sisanya dari dana BOS,” jelasnya.

Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Banten mengatakan, pelatihan kali ini memuat berbagai unsur pembelajaran yang sangat terkait dengan Kurikulum 2013. “Modul pelatihan kali ini membahas beberapa hal baru seperti memahami perbedaan individu dalam kelas, termasuk perbedaan gender dalam pembelajaran,” terangnya.

Pelatihan Modul 2 Mitra DBE ini melibatkan sekitar 40 orang peserta yang telah ditunjuk menjadi fasilitator daerah di 3 (tiga) daerah mitra, yaitu Kabupaten Lebak, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang. Para fasilitator ini terdiri dari kepala sekolah, guru, serta pengawas sekolah.

Salah satu sesi dalam pelatihan yang berlangsung dari hari Senin (1/9) sampai dengan hari Sabtu (6/9/2014) adalah praktik mengajar. Para peserta diberi kesempatan untuk praktik mengajar di beberapa sekolah mitra USAID PRIORITAS pada hari Kamis (4/9/2014).(bud)

Komentar Anda

comments