Antispasi Banjir, Pegawai DBMSDA Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

oleh -
Kerja Bakti Engram Gintung
Pegawai DBMSDA kerja bakti bersihkan saluran.

Tangsel- Untuk mengantisipasi terjadinya banjir yang mungkin datang di musim penghujan, puluhan pegawai Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan melakukan kerja bakti membersihkan saluran air di Jalan Purnawaman, Pisangan, Ciputat Timur.

Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan saluran air di lingkungan warga serta membersihkan sampah yang menumpuk di sejumlah titik saluran di sekitar pemukiman warga. Aksi bersih-bersih ini dimotori Kepala DBMSDA Kota Tangsel, Retno Prawati.

Rina (40) salah seorang warga setempat mengatakan setiap turun hujan wilayahnya kerap tergenang air. Pasalnya, saluran air tersebut sudah mengalami pendangkalan dan banyak rerumputan di bibir saluran.

“Yang pasti warga di sini sangat mendukung kegiatan kerja bakti membersihkan saluran air oleh Pemkot Tangsel,” ungkapnya.

Kepala DBMSDA Kota Tangsel Retno Prawati menuturkan kegiatan ini merupakan langkah untuk mengantisipasi banjir serta kemungkinan penyakit yang ditimbulkan dari banyaknya tumpukan sampah.

“Kami juga mencoba untuk menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air,” ujarnya.

Menurutnya, sepanjang saluran sekunder engram gintung menuju Cirendeu ini akan  dilakukan penataan bantaran berupa perbaikan saluran serta pemasangan pagar pembatas di bibir saluran air tersebut.

“Tujuannya tidak lain untuk menjaga kondisi dan fungsi saluran air tetap terpelihara sehingga air mengalir dengan lancar ,” katanya.(adv)

 

Komentar Anda

comments