Mahasiswi UMN Juara News Presenter Competition

oleh -
Juara News Presenter Competition
Juara News Presenter Competition.

Palapa News- Sylvia, mahasiswi Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menyandang gelar Juara Pertama News Presenter Competition yang digelar salah satu televisi swasta nasional. Sementara berada di urutan kedua Ranieta (LSPR) dan Ivhanrel Eltrisna (BINUS) juara ketiga.

Program SCTV Goes To Campus (SGTC) itu diselenggarakan dua hari, Selasa (17/09/2013) dan Rabu (18/09/2013). Dari 61 peserta terpilih 10 finalis yang diumumkan di hari kedua. Mereka berasal dari beberapa universitas seperti UNTAR, BINUS, LSPR, President University dan UMN. Para finalis ditugaskan membacakan berita yang diberikan secara acak dan diharuskan menjawab pertanyaan panelis.

Ajang ini menantang pesertanya untuk dapat membaca berita dengan baik di depan kamera layaknya news presenter dengan topik-topik yang telah ditentukan. Dewan juri terdiri dari; Miko Toro (Produser Liputan 6), Senandung Nacita (News Presenter Liputan 6) dan Ibnu Jufraedy (Dosen mata kuliah feature media siar UMN). Puncak dari kompetisi ini ialah dengan diumumkannya tiga pemenang yang ditayangkan live.

“Kami punya beberapa kriteria penilaian seperti penampilan, vokal, pengetahuan umum dan teknik untuk membawakan suatu cerita. Kami melihat Sylvia memenuhi ketiga kriteria dengan cukup baik. Memang agak sulit karena teman-teman yang lain menunjukkan kemampuan yang bagus-bagus, tapi setelah kami bandingkan, Sylvia yang kami anggap paling baik,” ungkap Miko Toro.

Diakui Sylvia yang merupakan mahasiswi jurusan jurnalistik angkatan 2010, sebelumnya pernah mengikuti ajang membaca berita serupa, tapi belum pernah menang. “Baru kali ini. Jadi senang sekali, kaget dan tidak menyangka,” kata gadis yang juga sempat menjadi announcer di radio kampus.

Menurutnya banyak hal yang didapatkan selama mengikuti News Presenter Competition SGTC 2013 selain belajar berkompetisi. “Saya juga belajar mengenal kemampuan diri di antara pesaing lain. Kemenangan ini merupakan langkah awal untuk ke depannya yang pasti jauh lebih berat. Saya juga berharap nantinya bisa menjadi news presenter yang sesungguhnya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama selain News Presenter Competition juga diselenggarakan Citizen Journalism. Peserta dibagi ke dalam tim dan membuat paket berita yang kreatif, menarik dan informatif. Ketiga pemenangnya juga  adalah mahasiswa-mahasiswi UMN dengan karya-karya memuaskan.(bud)

Komentar Anda

comments