Pemkot Bebaskan Lahan Milik Carrefour

oleh -

Jalan Rusak di TangselPalapa News – Aksi tanam pohon pisang di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel, Senin (9/9/2013) lalu direspon cepat Pemkot Tangsel. Kemarin, Pemkot Tangsel melalui Bagian Pertanahan menyelesaikan pembayaran lahan milik PT Alfa Retailindo seluas 72 meter persegi untuk pelebaran salah satu ruas jalan tersibuk di kota dengan tujuh kecamatan ini.

Berdasarkan informasi, ruas Jalan Siliwangi ini berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Banten. Program pelebaran jalan yang dilakukan Pemprov Banten tersendat lantaran terhambat pembebasan lahan milik Carrefour. Akhirnya pembebasan lahan dilakukan setelah pihak Carrefour dan Pemkot Tangsel menandatangai kesepakatan pembayaran pembebasan lahan tersebut.

Kabag pertanahan, Pemkot Tangsel Heru Agus Santoso mengatakan pembayaran pembebasan lahan milik Carrefour yang rencananya dipergunakan untuk pelebaran Jalan Siliwangi memang sempat tertunda, karena ada berbagai kendala intern di pihak Carrefour.

“Kita sudah selesaikan pembayaran langsung kepada pihak Carrefour yang diwakili oleh Direktur dan Regional Manager PT Alfa Retailindo,” kata Heru, Selasa (10/9/2013).

Diakuinya, lahan milik Carrefour tersebut seluas 254 meter persegi. Meski begitu, Pemkot Tangsel hanya membayar seluas 72 meter persegi. Sedangkan sisanya 182 meter persegi diserahkan pihak Carrefour kepada Pemkot untuk kepentingan pembangunan.

“Pembayaran lahan milik Carrefour seluas 72 meter persegi ini sebesar Rp283 juta. Sesuai dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di lokasi itu yang harga tanahnya sebesar Rp3.250.000 per meter. Masih ada dua titik yang belum dibebaskan, karena bermasalah (sengketa),” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Rakya Bertanya melakukan aksi tanam pohon di Jalan Siliwangi. Aksi mahasiswa ini dilakukan lantaran ruas jalan tersebut tak kunjung diperbaiki.(iwa)

Komentar Anda

comments