211 Koperasi tak Aktif Terancam Dihapus

oleh -
Ilustrasi Koperasi

Ilustrasi KoperasiPalapa News- Sedikitnya 211 koperasi yang tersebar di tujuh kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terancam dihapus. Ratusan koperasi yang bergerak di berbagai bidang tersebut dinilai tidak aktif.

“211 koperasi ini dinyatakan tidak aktif karena tidak ada aktivitas para anggotanya,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Nurdin Marzuki.

Menurutnya, sebagian besar koperasi yang tidak aktif itu berdiri sebelum Kota Tangsel dimekarkan dari Kabupaten Tangerang.

“Sebelum koperasi itu dihapus, kami akan melakukan peringatan melalui surat terlebih dahulu kepada pengurus koperasi. Jika tidak ada pembenahan, maka kami akan mencabut izin koperasi tersebut dan bakal diumumkan melalui media massa,” jelasnya.

Penertiban koperasi ini, menurut Nurdin dilakukan agar tidak terjadi penyelewengan kewenangan yang dilakuakan oleh koperasi. Apalagi diakuinya banyak laporan dari masyarakat bahwa di Kota Tangsel banyak koperasi jadi sarang rentenir.

“Kami khawatir hal ini terjadi pada koperasi yang sudah tergolong tidak aktif. Jangan sampai koperasi tak aktif ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak untuk kepentingan sepihak,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, sampai 2013 ini tercatat ada 453 koperasi yang ada di Kota Tangsel. Dari jumlah tersebut, 242 koperasi tergolong aktif, sedangkan 211 koperasi dalam kondisi non aktif.(awa)

Komentar Anda

comments