“DYNAMIC DUO” TEDxUltima Kisah Berbagi Ide Orang Sukses

oleh -

Palapa News – “Dynamic Duo” adalah tema yang diusung pada acara TEDxUltima yang pertama diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Sabtu (04/05/2013).  Dynamic Duo merupakan sebutan untuk dua orang yang senantiasa bersinergi dalam pekerjaan mereka dan meraih sukses bersama.

Sedikitnya 150 undangan yang hadir di Function Hall UMN dibuat kagum para pembicara yang berbagi pengalaman dan ide-idenya yang brilian. Pembicara tersebut terdiri dari: pasangan Mira Lesmana & Riri Riza, Kris Antoni & Sudarmin Then, Sri Irianingsih & Sri Rossiati, Ninok Leksono, Addie MS, dan Ahmad Arif. Hadirin pun dibuat enggan meninggalkan tempat duduknya hingga keseluruhan 6 sesi acara berbagi ide itu usai. Masing-masing pembicara menyampaikan pengalaman mereka dengan durasi 20 – 30 menit setiap sesinya.

Sessi pertama tampil jurnalis berpengalaman yang sudah melalang buana dan dikenal sebagai wartawan senior sekaligus pemimpin redaksi Kompas, Ninok Leksono. Mendapatkan penghargaan dari Unesco – Dewan Pers tahun 2009 sekaligus penasihat kalangan TNI, kali ini, Ninok selaku Rektor Universitas Multimedia Nusantara berbagi wawasan tentang perkembangan industri kreatif dan peran institusi pendidikan di dalamnya.

Selanjutnya, Ahmad Arief, yang telah menjelajahi Indonesia dalam Ekspedisi Cincin Api yang dipimpinnya. Wartawan yang memiliki passion pada jurnalisme bencana ini, telah menerima Anugerah Adiwarta 2012 untuk kategori cetak/online Liputan Kemanusiaan Bidang Lingkungan dengan tulisannya, “Sulawesi: Jantung Nusantara yang Terkoyak”.

Pembicara lainnya ialah Addie MS merupakan pendiri sekaligus konduktor Twilight Orchestra, yang telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia musik. Ia juga  berbagi mengenai pengalaman dan ide-idenya terkait perannya sebagai konduktor dan sinerginya dengan para musisi lainnya dalam acara ini.

Tidak kalah menariknya, kisah ibu kembar, passion mengajar anak-anak di Lombok dan Kalimantan akhirnya mengantarkan kakak beradik Sri Irianingsih & Sri Rossiati untuk bertemu dan mendirikan sekolah darurat Kartini di kolong jembatan samping rel kereta api, Ancol, Jakarta Utara. Sekolah ini merupakan sekolah gratis, termasuk untuk biaya tenaga pengajar, buku, bahkan hingga makan bagi murid-muridnya. Dua bersaudara ini telah mengantar anak – anak tidak mampu untuk mengenyam pendidikan.

Sementara Kris Antoni dan Sudarmin Then, dua pemuda founder TOGE Production, sekaligus game designer dan programmer di dalamnya. Kisahnya berawal dari proyek mahasiswa tahun 2007, sekarang TOGE Production telah berkembang menjadi sebuah perusahaan developer game yang terkenal. Kesuksesasnnya di dunia game terus berkembang berkat kekompakan dan soliditas yang terbentuk dari dua sisi latar belakang yang penuh perbedaan.

Sessi acara diakhiri dengan penampilan Mira Lesmana dan Riri Riza, duo sutradara sekaligus pendiri MILES Films. Keduanya telah bekerjasama dan menghasilkan beberapa film yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia maupun internasional, di antaranya; Laskar Pelangi, Eliana Eliana, dan Sang Pemimpi. Dari mereka, hadirin bisa belajar tentang kerja keras serta kegigihan menghadapi situasi dan kondisi perfilman Indonesia yang saat itu tengah terpuruk. Sehingga muncul inovasi dari ide-ide yang brilian.

“TEDxUltima merupakan acara berbagi ide yang diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara dengan platform, termasuk jumlah peserta, yang telah ditentukan oleh TED Internasional. Acara TEDx tingkat kota yang telah diselenggarakan antaralain; TEDxJakarta, TEDxUbud, dan TEDxSydney. Karena seminar kali ini diselenggarakan oleh Universitas Multimedia Nusantara, maka sebutan untuk acara ini ialah “TEDxUltima”,” ungkap Endang Widyastuti, Media Relations TEDxUltima.

Diinformasikan, TED merupakan sebuah organisasi non profit dengan semangat berbagi ide, sesuai dengan tagline-nya, “Ideas Worth Spreading”. TED berawal pada tahun 1984 sebagai sebuah konferensi yang menghadirkan para pembicara dari tiga bidang: Technology, Entertainment, Design. Sejak saat itu, konferensi dengan platform yang ditetapkan oleh TED terus berkembang, lintas bidang bahkan lintas negara. Informasi selengkapnya dan kumpulan video dengan platform TED dari seluruh penjuru dunia dapat diakses di www.ted.com.

Sementara TEDx merupakan konferensi berbagi ide yang diselenggarakan oleh pihak lokal dengan platform yang ditentukan oleh TED (www.ted.com). TEDx disebut juga “independently organised TED event”, di mana pihak yang bertanggungjawab sepenuhnya adalah panitia penyelenggara lokal. Kata di belakang huruf “x” ialah kata yang menunjukkan identitas pihak penyelenggara.(bud)

Komentar Anda

comments