5 KK di Tangsel Transmigrasi ke Kalimantan Barat

oleh -

transmigranPalapa News- Sebanyak lima kepala keluarga (KK) asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal mengikuti program transmigrasi ke Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Jumlah keluarga yang dari lima KK itu mencapai 17 orang. Itu berdasarkan data hingga awal April ini,” kata Kepala Bidang Penempatan Ketenagakerjaan pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangsel, Suyatman Ahmad.

Jumlah KK yang ikut transmigrasi sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Banten, di mana Tangsel mendapat jatah lima KK.

“Sebenarnya yang mengajukan ada tujuh KK, setelah kita verifikasi lima KK ini layak ikut program transmigrasi,” imbuhnya.

Rencananya pada 24 sampai 26 April mendatang, pihaknya  akan berkunjung ke Kalimantan Barat guna melihat langsung daerah yang akan dijadikan tujuan transmigrasi.

“Kita ingin tahu tempatnya seperti apa. Hasil dari kunjungan itu akan kita jelaskan kepada calon transmigran. Ini dilakukan agar mereka memiliki gambaran wilayah yang akan dituju,” ujarnya.
Mengenai kapan transmigran berangkat, Suyatman belum dapat memastikannya karena masih dalam proses adminstrasi.

“Yang pasti antara pertengahan hingga akhir tahun ini sudah dapat berangkat,” katanya.

Pelaksana Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Tangsel, Abdul Basit menambahkan para transmigran nanti akan diberikan tanah garapan seluas dua hektar. Mereka juga mendapat pelatihan mengurus lahan pertanian maupun perternakan.

Diharapkan transmigran ini nanti memiliki kemampuan mengolah lahan yang bisa menghasilkan.

“Bila sudah bisa menggarap lahan pertanian maupun peternakan kesejahteraan mereka akan meningkat,” ungkapnya.(kie)

Komentar Anda

comments