Jalan Utama Banjir, Akses Tangerang-Jakarta Putus

oleh -

Banjir CiledugPalapa News – Hujan deras yang mengguyur sepanjang Kamis (18/4/2013) sore kemarin, mengakibatkan Kota Tangerang dikepung banjir. Akses menuju Jakarta dari kota akhlakul karimah ini terputus lantaran sejumlah ruas jalan utama terendam hingga ketinggian 60 centimeter.

Herman, salah seorang warga yang hendak melintas di Jalan Hasyim Ashari mengatakan dirinya tak dapat melintas lantaran jalanan masih tergenang banjir. “Saya bingung enggak bisa tembus. Airnya tinggi banget,” kata dia Jumat (19/4/2013).

Hal serupa juga diakui Tomi, karena ketinggian air di jalan sudah mencapai 60 cm maka kendaraan sudah tidak bisa lewat. “Bagaimana mau lewat kalau banjirnya sudah tinggi kayak gini.”

Sementara itu beberapa kompleks yang sudah terendam banjir adalah perumahan Ciledug Indah, Puri Kartika, Perumahan Tajur dan perumahan Total Persada. Sedangkan jalan utama di Tangerang yang aksesnya terputus akibat banjir seperti di Jalan Hasyim Ashari, Hos Cokroaminoto, Jalan Raya Ciledug, jalan Parung serab kota tangerang.

Akses jalan yang terputus ini merupakan jalan utama, yang banyak dilintasi kendaraan besar. Namun banjir yang sudah memutuskan jalan tersebut, akibat luapan sungai yang sudah terus naik.

Tak hanya Tangerang, banjir juga melanda Jakarta pada Kamis malam. Menjelang tengah malam, sejumlah ruas jalan di Jakarta masih digenangi air, yang berimbas pada antrean kendaraan bermotor.

Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo, ada beberapa titik ruas jalan yang masih tergenang.

Di daerah Jakarta Selatan dilaporkan masih terjadi genangan hingga pukul 11.00 WIB, yaitu Pasar Jagal dengan ketinggian genangan 10-15 centimeter, Jalan Bangka setinggi 10-15 centimeter, kemudian Jalan depan pool taksi Taratak di mana ketinggian air 10 centimeter.

Selanjutnya di Jakarta Barat genangan terjadi di depan Samsat Daan Mogot setinggi 10 centimeter. Sedangkan untuk daerah di wilayah Tangerang terjadi genangan di Parung Serap setinggi 10 centimeter, Taman Galaxy setinggi 30 centimeter, depan SPBU Puri Beta Cokro Aminoto setinggi 30 centimeter dan juga di Karang Mulya setinggi 10 centimeter.

Selain itu, jalanan dari mulai pasar Cipulir digenangi air setinggi satu meter, yang membuat jalan itu tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Genangan dengan ketinggian serupa juga terjadi di Bank BNI Ulujami. Untuk di perempatan Joglo, Ramayana Ciledug, dan daerah Kreo dekat Universitas Budi Luhur digenangi air sekitar 30 centimeter.(vn/awa)

 

Komentar Anda

comments