Naik 100 Persen, Harga Cabai Rawit Makin Pedas

oleh -

cabaiPalapa News – Harga komoditi sayuran terus mengalami turun naik harga. Setelah harga bawang melambung beberapa waktu lalu, kali ini giliran cabai rawit yang mengalami lonjakan. Bahkan kenaikan mencapai lebih dari 100 persen.

Pantauan di sejumlah pasar di Kota Tangerang, harga cabai rawit mencapai Rp 45 ribu hingga Rp 48 ribu per kilogram. Harga ini jauh naik dibandingkan harga sebelumnya yang hanya Rp 18 ribu hingga RP 20 ribu.

Berdasarkan informasi, kenaikan harga cabai rawit ini dipicu minimnya pasokan dari daerah penghasil. Curah hujan yang tinggi di daerah penghasil mengakibatkan sejumlah petani gagal panen.

Pedagang cabai di Pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Arif mengatakan kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sekitar dua pekan terakhir. “Pasokan yang ngga ada, akibatnya harganya naik,” katanya menjelaskan, Rabu (26/3/2013).

Meski demikian, kata Arif, kenaikan harga cabai rawit tidak diikuti dengan harga cabai merah. Hingga saat ini harga cabai merah masih dijual Rp 15 ribu per kilogram. Sementara, cabai keriting dijual dengan harga Rp 20 ribu per kilogram.

Sementara, harga bawang merah saat ini masih dijual dengan harga Rp 45 ribu per kilogram. Padahal, dalam kondisi normal dijual dengan harga Rp 20 ribu per kilogram. Menurut Arif, harga bawang mulai mengalami penurunan sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 28 ribu per kilogram.

“Akibat harga naik, omzet penjualan saya juga berkurang drastis. Jika dalam kondisi normal penjualan capai mencapai tiga ton, sekarang tujuh kwintal saja susah susah,” keluh dia.

Para pedagang berharap, kedepan kedua komoditas ini dapat segera normal, sehingga daya beli masyarakat dapat kembali normal.(sd/her)

Komentar Anda

comments