Angka Pengangguran di Tangsel Diklaim Berkurang

oleh -

PengangguranPalapa News – Wakil Walikota Tangsel mengklaim angka pengangguran di kota dengan tujuh kecamatan ini terus terkikis. Menurutnya, saat ini jumlah pengangguran tercatat ada 96 ribu jiwa.

Jumlah tersebut di atas, jika diprosentasikan hanya sebesar 8 persen dari total warga Kota Tangsel yang berjumlah 1,2 juta jiwa. Jumlah ini menurutnya terkecil dibandingkan Kota/Kabupaten lain di Provinsi Banten.

“Jumlah (angka pengangguran) tahun 2012 dan sudah menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Data terakhir kami, jumlah pengangguran tersisa 8 persen dari 1,2 juta penduduk Tangsel di tahun 2012,” kata Benyamin.

Rencananya, pihaknya bakal menekan angka tersebut menjadi 5-6 persen hingga beberapa tahun ke depan. Salah satu cara yang dianggap efekti dengan menggulirkan program pemberdayaan masyarakat melalui UKM (Usaha Kecil Menengah).

“Solusi memecahkan masalah penganggurang dengan menggulirkan pemberdayaan UKM,” cetusnya.

Saat ini, jumlah UKM di Kota Tangsel pun masih minim. Tercatat tidak sampai 2,5 persen atau belum bisa disebut Kota Tangsel sebagai daerah yang maju di bidang wirausaha. UKM yang ada di Kota Tangsel sekitar 1,8 persen dari pekerjaan yang ada.

“Kedepan jumlah 1,8 persen wiraswasta akan ditambah dengan menggulirkan modal kepada masyarakat pelaku usaha UKM. Termasuk memberikan kemudahan perizinan, dan membuka lapangan usaha seluas-luasnya,” ucapnya.(kie)

Komentar Anda

comments