Harga Bawang Turun, Cabai Malah Naik

oleh -

cabaiPalapa News – Harga bawang merah dan bawang putih baru saja turun. Namun, penurunan harga bawang ini tak diiringi penurunan harga sayuran lain, salah satunya cabai yang mulai merangkak naik.

Di sejumlah pasar tradisional di Kota Tangsel, seperti Pasar Ciputat di Ciputat, Pasar Jombang di Ciputat dan Pasar Serpong, harga cabai berkisar Rp 46 ribu hingga Rp 52 ribu per kilogram. Rata-rata, kenaikan sekitar Rp 2 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai ini menurut pedagang diakibatkan karena curah hujan tinggi sehingga sebagian tanaman cabai gagal panen.

“Curah hujan tinggi, tanaman cabai gagal panen. Ini menjadikan harga cabai naik. Akibat kenaikan harga cabai pembelinya juga menurun,” ujar Wawan, pedagang cabai di Pasar Ciputat, Jumat (22/3/2013).

Sementara itu, harga bawang di pasaran sudah mengalam penurunan cukup signifikan. Harga bawang kini di pasaran berkisar Rp 25 hingga Rp 30 ribu per kilogram. Diduga penurunan harga bawang dipicu karena sudah banyaknya pengiriman bawang. “Kalau harga bawang sudah turun mas,” katanya. (fit)

Komentar Anda

comments