Pemkot Tangsel Konsen Kembangkan UKM

oleh -

PalapaNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) terus mengembangkan usaha-usaha kecil menengah yang tersebar di kota dengan tujuh kecamatan ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Nurdin Marzuki. Selain memberikan pembinaan, kata dia, pihaknya juga memberikan bantuan berupa kemudahan memperoleh modal usaha.

“Ada sejumlah produk garmen yang sudah dipasarkan ke luar negeri juga. Kami sangat konsen dalam pengembangan produk UKM di Kota Tangsel,” ujarnya.

Seperti diberitakan, bola hasil produksi UKM di Kota Tangsel sukses merambah pasar internasional, khususnya wilayah Nigeria, Afrika. Bola dengan merek Tasport atau Tangerang Selatan Sport ini sudah dipesan 7000 pieces untuk diekspor ke salah satu negara di benua Afrika tersebut.

Owner UKM Tasport, Muhamad Arif mengatakan untuk mengekspor produknya itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan perusahaan eksportir asal Nigeria. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kelengkapan dokumen untuk segera mengirim produk kebanggan Tangsel ini.

Ekspor Tasport ke Nigeria ini, diakui Muhamad Arif tak hanya dilakukan sekali saja. Pihaknya berencana melakukan ekspor Tasport setiap tiga bulan sebanyak 7000 buah bola ke Nigeria.

Untuk pasar nasional? Muhamad Arif mengaku sudah beberapa daerah yang bekerjasama dengan pihaknya. “Selain diekspor ke Nigeria, kami juga memasarkan produk kami di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kedua daerah itu sudah berlangganan tetap,” ujarnya, Selasa (5/3/2013).

Sedangkan mengenai bahan pembuatan si kulit bundar ini, Muhamad mengaku bahannya menggunakan bahan PU dan PVC dan kualitas bola disesuaikan dengan standar FIFA. Mulai dari berat, ukuran hingga kualitas bahan dan benang yang digunakan untuk menjahit panel-panel menjadi bola.

“Alhamdulillah pesanan sudah banyak. Kami juga beberapa kali mewakili Kota Tangsel dalam beberapa pameran di luar daerah,” ujarnya.(her)

Komentar Anda

comments