Rp 181 Miliar untuk Bangun 3 Turap Sungai

oleh -

TANGERANG – Untuk mengantisipasi banjir di Kota Tangerang, tiga sungai di wilayah tersebut bakal diturap. Pengerjaan akan dilakukan Kementerian Pekejeraan Umum dengan menggunakan anggaran dari APBN-P 2012 senilai RP 181 miliar.

Demikian dikatakan Kabid Sumber Daya Air Dinas PU Kota Tangerang, Suparman. Menurutnya, tiga sungai tersebut yakni Kali Sabi, Kali Cirarab dan Kali Prancis. Kali Cirarab bakal dibangun turap sepanjang 7 kilometer, Kali Sabi 4 kilometer dan Kali Prancis sepanjang 1,6 kilometer.

Ia menambahkan, penurapan tersebut dilakukan untuk menekan jumlah titik banjir di kota dengan moto akhlakul karimah tersebut. Diketahui, wilayah terdampak banjir di sekitar tiga sungai tersebut yakni kawasan Periuk, Benda dan Cibodas.

“Kita berharap pengerjaan dilakukan secepatnya dan kemungkinan pekan depan. Saat ini, Kementerian PU sedang mengerjakan penurapan di Kali Angke dengan panjang 10,5 kilometer yang pengerjaannya dilakukan multiyears,” kata dia.

Untuk memperlancar proyek pembangunan turap dan normalisasi kali tersebut, ia mengimbau kepada warga di sekitar kali, terutama yang melanggar garis sempadan sungai, agar segera melakukan pembongkaran bangunannya sendiri.(nai)

Komentar Anda

comments